Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, Sijunjung Capai Target Sanitasi Air Bersih Secara Standar

Bupati Sijunjung Yuswir Arifin ketika diwawancarai Obral Chaniago, Rabu 6 November di rumdin bupati.

Sijunjung, Ediditor,- Menjelang akhir tahun 2019 daerah Kabupaten Sijunjung mencapai target sanitasi air bersih secara standar. Hal itu diungkapkan Bupati Kabupaten Sijunjung Yuswir Arifin disela kesibukannya ketika menjamu tim BNPB, Rabu 6 Oktober 2019 di rumah dinas Bupati Sijunjung.

Lanjut Yuswir Arifin, sekarang sedang berjalan kegiatan proyek penyambungan pipanisasi dikawasan jalan lintas Tanah Badantuang, Pematang Panjang, Padang Sibusuk, Muaro Bodi serta rencana kegiatan proyek dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Sijunjung. “Penyambungan pipa berwarna hitam berukuran jumbo itu merupakan anggaran dari APBN yang punya perhatian serius terhadap pembangunan air bersih di Kabupaten Sijunjung”, jelasnya.

Untuk tahun ini Kabupaten Sijunjung memperoleh anggaran yang cukup lumayan besar dari pemerintah pusat melalui APBN. Yang membangun sambungan pipa baru untuk 5 daerah kecematan dari sumber air bersih dari Sungai Batangkarimo.

“Karena baru tercapai target masyarakat dapat air bersih dari PDAM 83 persen. Sedangkan yang 12 persen lagi akan dicapai ditahun ini yang terdapat pada 5 kecamatan. Dikecamatan Lubuk Tarok, IV Nagari, Kupitan, Sijunjung, serta nagari yang lainnya”, ulasnya.

Pada sisi lain, kegiatan terkini yang mendunia itu dari sektor wisata budaya perkampungan adat Sijunjung yang telah diakui oleh pemerintah pusat lewat Kementerian Pendidikan 3 tahun yang lalu. Kawasan wisata perkampungan adat Sijunjung merupakan aikon yang dapat mensupor kemajuan pembangunan sektor wisata.

Disamping itu, perkampungan adat Sijunjung disandingkan pula dengan bertambah satu lagi aikon yang lebih mensupor lagi pembangunan di sektor wisata yakni kawasan Geopark Silokek bersama ivennya yang akan berlangsung lomba arung jeram tingkat internasional mulai tanggal 10 sampai dengan 14 Oktober”, ujarnya.

Sebut bupati Yuswir Arifin, lagi, kegiatan vestifal Geopark Silokek dari semua tamu peserta arung jeram dari luar dan dalam negeri diinapkan dirumah bagonjong perkampungan adat Sijunjung. “Semua tamu pengunjung akan dapat ditampung, karena telah disediakan sedikitnya 40 buah rumah perkampungan adat Sijunjung yang telah diakui tingkat nasional”, ujarnya. ** Obral Chaniago.

135 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*