Bupati Pessel Hendrajoni, Lantik  IKWAL Bandung

Bandung, Editor.- Ribuan perantau Minang memadati gedung Biru Balai Prajurit dalam rangka menyaksikan Hahal Bihalal dan pelantikan Ikatan Warga Wilayah Lengayang (IKWAL) Bandung.

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, SH, MH turut hadir pada kesempatan tersebut dan melantik Pengurus IKWAL Bandung bertempat di jalan Kopo Soreang KM 9,3 Lanud Sulaiman Kabupaten Bandung, Kamis, (20/10) malam.

Hadir juga pada kesempatan tersebut Ketua Persatuan Perantau Minang (PPM), Drs. H. Asril Das.

Ketua IKWAL Bandung, Faisal Kampai, mengatakan silaturahmi perantau Minang khususnya IKWAL merupakan modal penting dalam wujudkan saling mengenal dan salin memahami sehingga akan terbentuk rasa persaudaraan yang kuat. Sehingga untuk menyelesaikan berbagai persoalan dalam membangun kampung halaman dapat direalisasikan.

Menurut Faisal, sumber daya manusia merupakan suatu tolak ukur dalam kemajuan suatu daerah, sehingga akan melahirkan generasi-generasi penerus dan berkembang dalam membangun daerahnya, tentu harus didukung oleh berbagai lapisan masyarakat,” Faisal. Ditambahkan Faisal, Hahal Bihalal ini, sudah  menjadi program rutin IKWAL Bandung setiap tahunnya sebagai memperkokoh, pemersatu sehingga warga Lengayang diperantauan selalu kompak.

Pengurus IKWAL Bandung bersama bupati Pessel Hedrajoni.
Pengurus IKWAL Bandung bersama bupati Pessel Hedrajoni.

Sementara itu, Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, SH,MH mengatakan kepedulian  perantau terhadap kampung halaman harus selalu ada karena dikampung halaman masih banyak warga yang masih kesulitan dalam segi ekonomi, mata pencarian masyarakat kita dibawah garis kemiskinan dan diharapkan IKWAL Bandung dapat membantu warga Lengayang, seperti melakukan bakti sosial, bedah rumah, bantuan pendidikan dan lain sebagainya. Untuk mewujudkan hal tersebut tentunya harus bersinergi, dan yang utama, yaitu kekompakan perantau Minang dalam menghimpun berbagai permasalahan di kampung halaman.

Lebih lanjut dijelaskan, Hendrajoni mengungkapkan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan telah banyak melahirkan program dalam membangun dan mensejahterakan masyarakat, namun semua itu tidak sepenuhnya mengatasi permasalahan dan perlu adanya campur tangan pihak swasta atau perantau untuk membantu.

Hendrajoni juga memastikan tidak ada lagi korupsi dan pungutan liar di Pemkab Pesisir Selatan, kalaupun ada akan kita akan diberikan sanksi tegas dan kita masukan kepenjara.

Hendrajoni memaparkan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Ikon yang menjadi daya tariknya kawasan wisata Mandeh yang merupakan sebuah gugusan pulau yang memagari teluk sehingga laut tersebut tampak seperti danau dengan riak air yang tenang. Terdapat sejumlah pulau di kawasan wisata Mandeh tersebut.

Menurut Hendrajoni kawasan wisata Mandeh ini setaradengan Kawasan Wisata Raja Ampat di Papua Barat, yakni dengan menikmatinya dari atas perbukitan atau menyusuri pulau-pulau dengan kapal kayu nelayan,” ungkap Mantan Polisi ini.

Pasir Putih Dijadikan Obyek Wisata

Selain itu, Pasir Putih (kasiak putiah) Kambang akan dijadikan kawasan wisata pantai, dan akan dibangun rest area seperti Pantai Padang, ada tempat duduk-duduknya. Pasir Putih Kambang banyak dikunjungi wisatawan lokal dari berbagai daerah. Pada hari-hari libur, baik Lebaran maupun akhir pekan, yakni Sabtu dan Minggu, pengunjung selalu memadati Pasir Putih Kambang untuk sekadar membawa keluarganya bersendagurau di sekitar pantai.
Kawasan yang direncanakan sebagai obyek wisata pantai itu, sesuai dengan namanya,

sari-aterPasir Putih, katanya, selain memiliki pantai yang landai dan panjang, pasirnya juga putih sehingga memancarkan keindahan yang tidak membosankan pengunjung.

Pasir Putih Kambang sangat strategis sebagai obyek wisata, di samping letaknya dekat dengan jalan negara, keindahannya juga tidak kalah dengan obyek wisata lainnya tingkat nasional. Kawasan itu, katanya, hanya tinggal pengembangan untuk dijadikan sebagai objek wisata bernilai jual tinggi,” ungkap Hendrajoni yang disambut tepuk tangan pengunjung.

Acara dihibur oleh artis-artis Ranah Minang, seperti Rayola, Thalia Cotto KDI, Putri Delfi dan Indah Zahrani. Dan sudah menjadi tradisi warga Lengayang dalam menggelar panggung hiburan selalu ada lelang Singgang ayam, dan lelang kue. Pada kesempatan tersebut Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni mengambil lelang Singgang Ayam seharga Rp. 2 juta. Diakhir acara juga dilakukan penyerahan hadiah turnamen Badminton IKWAL Bandung.** Edison M/ Edwandi

 

1573 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*