Bupati Limapuluh Kota Canangkan Bhakti TNI KB Kes

Limapuluh Kota, Editor.- Pertumbuhan jumlah penduduk ikut mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Karenanya, pertumbuhan penduduk tersebut perlu dikendalikan,ujar Bupati Limapuluh Kota Irfendin Arbi dalam sambutannya ketika mencanangkan bulan Bhakti TNI KB Kes wilayah Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh tahun 2016 di halaman Puskesmas Dangung-Dangung, Rabu (10/8).

“Kita menyambut baik bakti sosial TNI KB-Kesehatan, karena kagiatan ini hakikatnya juga bertujuan untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk. Kita percaya, bakti TNI ini akan memberikan dampak nyata bagi masyarakat termasuk bidang ekonomi”, ungkap Irfendi.

Begitu pula terhadap para kader, lanjut Irfendi, hendaknya senantiasa melanjutkan kegiatan di bidang KB ini pada masa berikutnya. Jangan sampai kegiatan hanya berlangsung di saat ada kegiatan Bhakti TNI KB Kes saja.

“Walaupun masa bhakti TNI sudah habis namun kita berharap pihak terkait termasuk para kader tetap bisa bersinergi dengan TNI mengendalikan pertumbuhan jumlah penduduk dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ingat Irfendi.

Pihak terkait Badan Perbedayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB), lanjut Irfendi, jangan pula hanya menunggu bulan bhakti saja. Melainkan, harus bisa membuat program buat pengaturan pertumbuhan jumlah penduduk tersebut dengan indikator pencapaian yang jelas.

“Kedepan, apapun yang akan dilakukan harus didahului dengan perencanaan yang matang agar bisa memberikan hasil yang maksimal bagi kemajuan masyarakat terutama buat meningkatkan program KB,” ujar Irfendi sembari meminta BPPKB membuat program yang terencana dan terukur..

Lebih lanjut Irfendi mengatakan, yakin dengan keterlibatan TNI program KB di daerah ini akan berhasil sesuai harapan. Fakta membuktikan, berbagai kegiatan TNI di Kabupaten Limapuluh Kota cukup berhasil, termasuk dalam program cetak sawah baru beberapa waktu lalu

Sebelumnya Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf. Heri Sumitro, S.Pd dalam penyampaiannya mengatakan, program ini merupakan wujud nyata TNI di tengah masyarakat. Kegiatan ini merupakan program tahunan yang sudah dilaksanakan sejak beberapa tahun lalu.

“Alhamdulillah kita termasuk standar dalam artian memenuhi target berkat kerjasama berbagai pihak. Kita berharap kegiatan ini bisa mencapai tujuan kesejahteraan masyarakat dan memperbaiki kualitas keluarga di daerah ini,” ujar Heri.

Sebelumnya panitia acara Kapten Inf Muhardif yang juga Pasiterdim 0306/50Kota dalam laporannya memaparkan sasaran yang ingin dicapai antara lain menurunkan laju pertumbuhan penduduk dan angka kelahiran total wanita usia subur (WUS).  Berikutnya, meningkatkan pemakaian kontrasepsi, menurunkan angka kehamilan yang tidak diinginkan dari WUS dan terwujudnya pembangunan berwawasan kependudukan.

Kegiatan ini dilaksanakan selama enam bulan mulai Mei sampai Oktober 2016 yang dipusatkan di setiap Puskesmas di Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh. Bentuk kegiatan antara lain pelayanan terhadap akseptor KB baru, pembinaan kepada peserta KB aktif, pemeriksaan IVA gratis dan pembinaan terhadap kelompok BKB, BKR, BKL dan UPPKS.

“Sedangkan target pelaksanaan bhakti TNI KB Kes untuk IUD sebanyak 703, MOW 140, inplant 1.066, suntikan 3.994, pil 623, MOP 37 dan kondom 358,” papar Muhardif.

Ikut hadir dalam acara itu Kepala Perwakilan BPPKB Sumbar Nofrizal dan Kepala BPPKB Limapuluh Kota Tien Septino. ** Yus

654 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*