Bupati Irfendi Arbi Tandatangani MoU Penyaluran KUR dan Asuransi Petani

Bupati Irfendi Arbi menandatangani MoU.
Bupati Irfendi Arbi menandatangani MoU.

Lima Puluh Kota, Editor.- Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi mengatakan, Sektor pertanian termasuk sektor primer memegang peranan penting dan dominan dalam memberikan sumbangan terhadap PDRB Kabupaten Lima Puluh Kota.

Hal itu dikatakan Bupati Lima Puluh Kota Ir.H.Irfendi Arbi,MP pada Penandatangan MoU Penyaluran KUR dan Asuransi Petani  Kabupaten Lima Puluh Kota di Aula Kantor Bupati Sarilamak, Selasa(27/8).

Produksi padi masih didominasi tanaman padi sawah, Untuk tanaman palawija paling dominan produksi jagung dan ubi kayu. Sedangkan untuk tanaman hortikultura peningkatan produksi paling banyak pada beberapa komoditas buah-buahan dan sayuran seperti cabe, terung, buncis, ketimun, jeruk, rambutan, mangis dan pisang, ucap H.Irfendi Arbi.

Sejalan Visi dan Misi pembangunan daerah tahun 2016-2021, “salah satu misi pemerintah daerah yaitu, Meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui revitalisasi perekonomian dan reformasi kelembagaan berbasis masyarakat dengan pemmamfaatan potensi daerah” kata H.Irfendi Arbi.

Penandatangan nota kesepakatan (MoU) antara Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota dan Empat(4) Perbankan, yaitu Bank Nagari, BNI, BRI dan Bank Mandiri.

Serta Asuransi petani dengan PT. Asuransi Jasindo terkait penyaluran Kridit Usaha Rakyat (KUR) dan asuransi program pertanian, peternakan dan perdagangan. Ditindak lanjuti Perjanjian kerjasama perbankan dengan 12 wali nagari terkait KUR dan asuransi petani jagung.

Pada tahun 2019 perkiraan luas lahan areal tanam jagung sekitar 6.211 Ha yang tersebar di nagari di Kabupaten Lima Puluh Kota. Komoditas produksi jagung tahun 2017 tercatat senayak 32.790,94 Ton dengan luas panen 5.410,00 Ha, kata H.Irfendi Arbi.

Saat ini Kabupaten Lima Puluh Kota setiap harinya butuh 400 ton. Karena produksi jagung daerah tidak mencukupi, maka terpaksa kita datangkan dari daerah lain, seperti Pasaman Barat, Lanjut H.Irfendi Arbi.

Hadir Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Kepala Otoritas Jasa Keuagan Provinsi Sumatera Barat, Darwisman, Pimpinan –pimpinan Perbankan dan Asuransi Jasindo beserta Wali Nagari. ** Yus

400 Total Dibaca 4 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*