Bupati Irfendi Arbi Canangkan Kampung KB di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota, Editor.– Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi bersama Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluaraga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKB-P3A), Yenni Elvi, canangkan kampung Keluarga Berencana (KB), di Jorong Kampung Baru, Kenagarian Anding, Kecamatan Suliki, Rabu (17/5).

Dalam sambutannya, Bupati Irfendi Arbi mengatakan program perencanaan Keluarga Berencana ini perlu dilakukan di Kabupaten Limapuluh Kota.

Menurutnya, selama ini pencanangan kampung KB ini sudah terlaksana dengan baik di kabupaten itu.

“Sebenarnya program kampung KB di daerah kita telah berjalan dengan baik. Program dua anak cukup yang menjadi target terbukti sudah berjalan, mayoritas didaerah kita satu pasangan keluarga hanya memiliki dua orang anak,” sebut Bupati.

Dijelaskan Bupati, masyarakat juga harus memahami program dari Kampung KB ini, kerena Kampung KB tidak semata sekedar perencanaan memiliki keturunan saja, jauh dari itu Keluarga Berencana juga merupakan program untuk generasi-generasi berencana.

“Banyak program-program Keluarga berencana yang mesti kita canangkan, termasuk perhatian kepada generasi muda, danprogram perencanaan dalam berkeluarga, seperti merencanakan pendidikan, karir, pernikahan, dan merencanakan memiliki keturunan,” jelas Bupati.

Bupati juga meminta masyarakat benar-benar berniat dan melakukan sungguh agar program ini benar-benar dijalankan di setiap nagari yang ada.

“Saya himbau seluruh yang hadir  mengajak masyarakat lainnya, dalam mewujudkan program ini. Jika masyarakat bersatu saya yakin kabupaten Limapuluh Kota akan maju” sebut Bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga meminta agar masyarakat bergerak dan aktif dalam memerangi bahaya Narkotika dan obat-obat terlarang (Narkoba) terhadap generasi penerus dan lingkungannya. ” Seperti kita ketahui, Narkoba sudah menjadi ancaman serius bagi Negara, dia ada dimana-mana. Untuk itu, marilah kita bersama-sama membrantas dan membasmi penyakit ini, demi menjaga generas-generasi kita,” sebut Bupati.

Menjauhi hal-hal itu, menurutnya perlu dilakukan perencanaan yang matang didalam keluarga salah satunya dengan program yang dicanangkan hari ini. “Marilah kita bersama-sama melakukan hal-hal yang positif mewujudkan program-program nawa cita pemerintah” ulangnya.

Selain itu, Bupati juga meminta walinagari menjalankan anggarannya menyentuh masyarakat, apalagi anggaran dana nagari yang diterima saat ini sudah cukup banyak, sehingga permasalahan dinagari bisa langsung ditanganioleh nagari.

“Manfaatkan dana ini sebaik-baiknya, buatlah program-program yang menyentuh kepada masyarakat termasuk pembinaan terhadap perempuan dan anak,” sebut Bupati.

Dalam pencanagan tersebut ikut Hadir, perwakilan BKKB Provinsi Sumbar, Anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, Wendy Candra, Wali Nagari Andiang, Gusfialdi kepala OPD Limapuluh Kota, dan perwakilan dari masing Nagari, tokoh masyarakat, Niniak mamak dan undangan lainnya. ** Yus

660 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*