Bupati Gusmal, Kab. Solok Sangat Komit Membangun Pariwisata

Alahan Panjang, Editor.- Berdasarkan visi pembangunan lima tahun kedepan, Pemerintah Kabupaten Solok sangat komit terhadap pembangunan sektor pariwisata dan pertanian sebagai sektor prioritas dalam pembangunan.

Hal itu diungkapkan Bupati Solok, H` Gusmal, SE, MM pada acara Penyusunan Rencana Aksi Pembangunan Pariwisata untuk Peningkatan Ekonomi di Batu Bagiriak Kecamatan Lembah Gumanti, Selasa (3/10).

Hadir pada kesempatan tersebut Asisten atase kebudayaan kedutaan besar Amerika Serikat Emily Abraham, Senior Planer City of Satem, Oregon USA Bryan Coulboerne, mewakili Rektor Unand Prov. Helmi, Phd, Kepala SKPD terkait Sumatera Barat, Kepala SKPD terkait Kabupaten Solok dan Camat Lembah Gumanti`

Lebih lanjut Gusmal mengatakan, sehubungan dengan hal tersebut, diharapkan adanya sinkronisasi program dengan pemerintah provinsi Sumatera Barat, khususnya dalam pembangunan dan pengembangan sektor wisata di Danau Kembar sekitarnya. Untuk tahap awal akan disusun rencana aksi pembangunan wisata untuk peningkatan ekonomi yang merupakan implementasi pasca magang professional fellows program di kota Aragon USA yang dilaksanakan oleh saudari Ria Oktorina yang dapat dijadikan sebagai pedoman dalam pelaksanaan kegiatan nantinya.

“Harapan kita, berdasarkan hal tersebut diharapkan output dan outcome dari kegiatan ini dapat bermanfaat untuk mendukung sektor beserta sebagai salah satu sektor prioritas di Kabupaten Solok. Sehingga diharapkan dapat mengangkat citra Pariwisata Kabupaten Solok di mata dunia,” kata Gusmal.

Pada kesempatan itu Gubernur Sumbar, Irwan Prayutno juga mengatakan, dalam rangka pengembangan dan meningkatkan potensi wisata Sumatera Barat, diharapkan kepada seluruh stakeholder dapat membantu dan mendukung seluruh program peningkatan wisata.

“Kita mengharapkan seluruh lapisan masyarakat untuk bisa berperan aktif demi pengembangan pariwisata Sumatera Barat pada umumnya dan di Danau Kembar khususnya<” kata Irwan Prayitno.

Sementara itu Prov. Helmi, Phd yang mewakili Rektor Unand mengatakan, kegiatan yang kita lakukan pada saat ini adalah sebuah tindak lanjut pelatihan perencanaan pembangunan di Amerika yang dilaksanakan di City of Salem Oregon.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuh kembangkan potensi pariwisata yang berbasis masyarakat di Sumatera Barat. Selain iyu juga bertujuan untuk mengembangkan pariwisata juga dapat mengembangkan perekonomian masyarakat dan membuka peluang kerja bagi masyarakat,” kata Helmi..

Selesai acara kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat of appreciation untuk Pemerintah Kabupaten Solok dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat oleh Atase kebudayaan Kedutaan Besar Amerika Serikat. ** Febrian D’Gumanti/Oktaberia/Hms

580 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*