Bupati Gusmal Hadiri Pembukaan Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata

Padang, Editor.– Bupati Solok H. Gusmal, SE. MM hadiri pembukaan Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata Kabupaten Solok, bertempat di Kryad Bumi Minang Hotel Padang, Kamis (13/8).

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Solok Nasripul Romika, S.Sos selaku panitia dalam laporannya mengatakan, dasar pelaksanaan kegiatan yakni DPA Dinas Pariwisata Kabupaten Solok tahun Anggaran 2020. Tujuan kegiatan adalah memahami serta memversifikasi produk dan dasar kepariwisataan,  memahami pelayanan prima, mampu mengimplementasikan kompetisinya untuk meningkatkan kinerja sesuai bidang masing-masing dan mengetahui serta memahami sapta pesona di Kabupaten Solok.

“Hasil dari kegiatan ini diharapkan pelaku pengelola pariwisata dapat menjadi pelopor dan garda terdepan dalam memajukan wisata Kab Solok. Pelatihan diikuti oleh 40 orang yang terdiri dari pengelola destinasi wisata dan kelompok sadar wisata. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 12 sampai dengan 14 agustus 2020, Selain belajar tatap muka juga diadakan fieltrip (Study lapangan)” kata Nasripul.

Sementara itu, Bupati Solok H. Gusmal, SE. MM dalam arahannya mengatakan, sektor wisata jadi incaran banyak orang karena digunakan dan dimanfaatkan oleh berbagai kalangan untuk rekreasi,  Refreshing dan Hiburan keluarga. Para Wisatawan akan membawa dan mengeluarkan uang untuk kegiatan Wisata ini  dan hal ini tentunya akan berpengaruh dan memicu pertumbuhan ekonomi Kabupaten Solok khususnya dan ekonomi Sumbar umumnya.

Bupati menjelaskan, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Solok baru di kisaran 5 % dan ini sudah termasuk sumbangan dari sektor Pariwisata, kita masih harus bekerja dan berusaha lagi untuk meningkatkan angka pertumbuhan ekonomi tersebut dan salah satunya di bidang Kepariwisataan ini.

“maka dari itu kami ucapkan terima kasih atas dilaksanakannya kegiatan ini, dimana sektor Pariwisata diharapkan sebagai salah satu bidang untuk dapat  meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Solok.”ucap Gusmal

Bupati menegaskan bahwa Destinasi wisata perlu dikelola dengan baik,  yakni berupa lingkungannya, manajemennya,  masyarakat sekeliling nya dan ini harus dilakukan secara bersama-sama. Kegiatan ini mendukung salah satu pilar pembangunan Kabupaten Solok,  yaitu bidang pariwisata dan peningkatan ekonomi kerakyatan.

Bupati berharap kepada semua peserta untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan memahami semua materi yang didapat kan di pelaksanaan Diklat ini. Bupati juga berharap kepada semua agar dapat mempraktekkannya dan mengimplementasikannya di lapangan sesuai dengan bidang masing-masing.

“Bagi wisatawan mancanegara Lakukan dan ciptakan hal-hal yang spesifik yang tidak dimiliki oleh negaranya,  seperti pacu jawi2, teh talua, pakaian kebaya dan lain-lain. Untuk dalam negeri ciptakan suasana yang sesuai Sapta Pesona. Diantaranya bersih, ramah,  baik dan penataan yang profesional””ulas Gusmal

Selain itu, pada kesempatan tersebut Bupati juga meminta kepada semua agar dalam pelaksanaan kegiatan sampai selesai untuk tetap memakai dan mematuhi Protokol Kesehatan,  yakni jaga jarak,  sering cuci tangan dan pakai masker.

Hadir pada pembukaan Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata Kabupaten Solok tersebut, Bupati Solok H. Gusmal, SE. MM, Kadis Pariwisata Nasripul Romika, S.Sos, Kadis Penanaman Modal, PTSP  dan Naker di wakili oleh Sekretaris Marcos Sophan, S.Pt, Kabag BPBJ Khairul, ST, serta Kabag Humas Syofiar Syam,  S.Sos, M.Si**Roni Akhyar/Hms

 

 

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*