Bupati Agam Canangkan Penanaman Sejuta Pohon

Gerakan Menanam Sejuta Pohon di Tanjung Mutiara, Kab. Agam.
Gerakan Menanam Sejuta Pohon di Tanjung Mutiara, Kab. Agam.

Tanjung Mutiara, Editor.- Pencanangan sejuta pohon dibuka secara resmi bupati Agam yang diwakili Sekdakab Agam Drs.H Martiaswanto, MM di Nagari Tiku V Jorong Kecamatan Tanjung Mutiara, Minggu (30/3).

Pada kesempatan tersebut Sekda menngingatkan perlunya penanaman pohon disekitar pantai untuk menangkal dampak awal laju arus tsunami yang begitu cepat. Kekuatannya hingga 700 km/ jam. 

“Kabupaten Agam potensi bencananya ada dimana mana dan peta bencananya merah,” ujar Martiaswanto.

Ditambahkannya, program penanaman pohon di area sepanjang pantai sudah berlangsung sejak 6 tahun lalu. Kegiatan ini  terus dicanangkan untuk mitigasi bencana dan menanam pohon yang cocok dengan area pantai seperti Pinus, trembesi, cemara, pulai dan jenis kayu lainnya.

Sementara Dandim 0304 Agam, Letkol Inf.Andika Chokro. Dalam sambutannya mengatakan, program penanaman sejuta pohon ini justru dalam rangka mitigasi bencana,  mengurangi dampak bencana alam. Khususnya kabupaten Agam ada 43 km pesisir Pantai. Aceh, pandeglang dan lombok, yang telah mengalami bencana tsunami Pepohonan di sepanjang pantai  86 persen dapat menahan dampak tsunami.

Untuk itu penanaman ini kita lanjutkan terus sepanjang 43 km,  berapa lama waktunya usah ditanya. Prinsipnya kita tetap bekerja bersama untuk melakukan penanaman disepanjang pantai. Bahkan hari ini program yang ke 21 penanaman di pesisir pantai, ujarnya. ** Yos

550 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*