BPCD dan IAIN Batusangkar Tandatangani Nota Kesepahaman

Penyerahan naskah kesepahaman antara BPCD dan IAIN Batusangkar.
Penyerahan naskah kesepahaman antara BPCD dan IAIN Batusangkar.

Batusangkar, Editor.- Untuk mendukung  Kemajuan Kebudayaan untuk Parawisata di Indonesia dan juga dengan adanya jurusan Parawisata Syariah dan Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) di IAIN Batusangkar, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumbar, Riau dan Kepri melaksanakan penandatanganan nota kesepahaman dengan IAIN Batusangkar, bertempat di ruangan Kerja Rektor IAIN Batusangkar, Rabu (18/04).

Penandatanganan  kerja sama antara Kepala BPCB Drs. Nurmatias  dan Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusankar Dr. H. Kasmuri MA tersebut disaksikan oleh  Wakil Rektor III Dr. Rizal, M.Ag Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) dan Dekan Fakultas Ushuluddin Abab dan Dakwah.

Dalam kesempatan tersebut Rektor IAIN Batusangkar Dr. H. Kasmuri MA mengatakan, penandatanganan nota kesepahaman bertujuan untuk bersama mendukung kemajuan kebudayaan untuk pariwisata. Hal itu sesuai dengan adanya Jurusan Pariwisata Syariah dan Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) yang dikembangkan IAIN Batusangkar.

Indonesia  masuk tiga besar pasar wisata muslim dunia menyusul Malaysia dan Uni Emirat Arab Organisasi Kerja Islam (OKI) dan Non OKI. Berdasarkan indek wisata muslim global (GMTI) mastercard crecent ranting 2017 yang diluncurkan di Jakarta menunjukan Indonesia mengalami peningkatan selama dua tahun berturut-turut. Pasat wisata muslim ini akan terus tumbuh pesat, hal itu merupakan potensi bagi Tanah Datar.

Tanah Datar sebagai pusat kerajaan Minangkabau tentunya banyak memiliki benda-benda dan budaya yang dapat dikembangkan menjadi objek wisata, baik itu wisata budaya, sejarah dan alam serta keagamaan.

“Adapun Nota kesepahaman yang baru ditandatangani,adalah  untuk mendukung pengembangkan pariwisata khususnya di Tanah Datar,” ujar Kasmuri.

Kepala BPCB Sumbar, Riau dan Kepri Nurmatias  mengatakan nota kesepahaman ini  nantinya akan ditindak lanjuti dengan kerja sama untuk mengelar rangkaian kegiatan dengan Dekan FEBI dan Dekan FUAD yang direncanakan pada Agustus mendatang.

Kegiatan Internalisasi Publikasi kekayaan budaya dalam bentuk Sinergitas antar BPCB Sumbar, Riau dan Kepri, IAIN Batusangkar dan Pemkab Tanah Datar dengan tema “Pemajuan kebudayaan untuk pariwisata dalam membangun ketahanan bangsa” dipusatkan di kampus I IAIN Batusangkar.

Bentuk kegiatan yang akan digelar yaitu lomba fhoto dengan cagar budaya sebagai destinasi pariwisata, pameran fhoto dan benda-benda cagar, pemutaran filem dokumenter, seminar dalam bentuk dialog interaktif, atraksi seni dan budaya serta jelajah cagar budaya yang akan diikuti oleh Propinsi Sumbar,Riau dan Kepri.ungkap Nurmatias ** Jum

570 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*