BPCB Sumbar dan Pemkab Tanah Datar Akan Gelar Pameran Budaya

Batusangkar, Editor.- Kepala  BPCB (Balai Pelestarian Cagar Budaya) Sumatera Barat Drs.Nurmatias  melaksanakan jumpa pers dengan awak media yang bertugas di Kabupaten Tanah Datar Jumat (17/11) bertempat di ruangan peretemuan BPCB Sumbar Pagaruyung.

Dalam jumpa Pers tersebut Nurmatias mengatakan, Pameran Budaya yang akan digelar di gedung Maharajo Dirajo Batusangkar merupakan informasi bermanfaat bagi masyarakat. Terutama untuk mengenal lebih jauh tentang cagar budaya.karena  cagar budaya harus dilestarikan, jumlahnya  terbatas, tidak dapat diperbaharui lagi, bendanya rapuh dan memiliki nilai penting bagi ilmu pengetahuan, sejarah dan kebudayaan bagi para generasi muda.

Cagar budaya merupakan salah satu modal untuk pembangunan bangsa dan yang perlu diingat Cagar budaya perlu dikelola dan dilestarikan karena amanat Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia, GBHN dan Undang-Undang RI Nomor 11 Tahun 2010 tentang cagar budaya.Cagar budaya juga dapat dikatakan sebagai bukti atau saksi peradaban yang telah melalui proses waktu yang sangat panjang,ungkap  Nurmatias

Ditambahkan Nurmatias, pengelolaan cagar budaya mudah diterima oleh masyarakat karena diwarisi turun temurun. Bila cagar budaya dikelola dengan baik, tidak akan habis tapi akan selalu memberikan manfaat bagi masyarakat. Membangun bangsa dengan pengelolaan cagar budaya menawarkan harga murah dan bisa disesuaikan dengan pemanfatannya.

Berangkat dari keingingan pemerintah untuk melestarikan cagar budaya ini, BPCB Sumbar bekerja sama dengan Pemkab Tanah Datar melalui Dinas Parpora dan Dinas Dikbud Tanah Datar akan menggelar Pameran Budaya di Gedung Nasional Maharajo Dirajo Batusangkar tanggal 29 Nopember s/d 3 Desember 2017.

Kita berharap melalui pameran budaya ini, masyarakat Tanah Datar akan lebih tahu lagi tentang cagar budaya dan manfaatnya terhadap ilmu pengetahuan, sejarah dan kebudayaan bagi generasi muda. Dalam pameran budaya tersebut BPCB akan diadakan lomba mewarnai Cagar Budaya tingkat SD se Kabupaten Tanah Datar, Lomba Melukis Cagar Budaya tingkat SLTP se Kabupaten Tanah Datar, Pemutaran Film Berkarakter melaui bioskop keliling dan Penandatangai Kesepahaman bersama tentang Pelestarian Budaya dan publikasi melalui sayembara media masa. Pameran  budaya Mingkabau tersebut juga akan diikuti oleh Propinsi Jawa Tengah, Provinsi Daerah Isttimewa Yogyakarta dan Provinsi Jambi ,ungkap Nurmatias. ** Jum

756 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*