BPBD Berikan Sosialisasi Penanggulangan Bencana di Solsel

Plt. Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Fikri Budiman S.km
Plt. Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Fikri Budiman S.km

Solok selatan, Editor.- BPBD Solok Selatan lakukan Sosialisasi Bencana dengan Nagari Sako Utara dan Pasir Talang Barat, dilakukannya sosialisasi karena sebelumnya terjadi banjir bandang dua nagari beberapa waktu lalu.

Sosialisasi yang diadakan di gedung serbaguna Pasir Talang Barat rabu ( 18/11 ) dibuka langsung oleh Plt. Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Fikri Budiman S.km, dan dihadiri wali nagari, bamus, kelompok siaga bencana bagari, perangkat nagari dan  perwakilan masyarakat.

Plt Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiap Siagaan Fikri Budiman mengatakan pada media bahwa kegitan sosialisasi yang di latar belakangi oleh kejadian banjir bandang sungai batang lawe. Dengan pesertanya perangkat nagari dan kelompok siaga bencana yang ada di nagari dan perwakilan dari masyarakat nagari tersebut.

Yang sangat diharapkan dari acara ini adalah bagai mana masyarakat bisa menyikapi dan mempunyai suatu sistim peringatan dini terhadap banjir bandang di Nagari Sako Utara Pasir Palang dan Nagari Pasir Talang Barat.

Lebih jelas Fikri Budiman mengatakan dengan dibarikannya materi menajemen penanggulangan bencana, supaya masyarakat lebih tau apasih sebenarnya bencana dan apa saja jenis-jenis bencana dan kemudian membangun peringatan dini.

Seperti dengan adanya tanda-tanda seperti air yang biasanya jernih berubah keruh, atau biasanya kecil beransur membesar, itu adalah sudah bisa dianggap ancaman dan sudah berpotensi sehingga potensi itu meminimalisir untuk menjadi resiko dengan efakuasi mandiri. Makanya masyarakat tadi kami arahkan menentukan tempat efakuasi mandiri, kalau ada tanda-tanda seperti itu untuk dapat mencari tempat efakuasi yang telah di tetapkan oleh nagari.

Tempat efakuasi mandi itu sendiri diserahkan kepada nagari untuk menentukan tempat dengan cara musyawara bersama bamus dan kelompok siaga penanggulangan bencana nagari bermufakat menentukan tempatnya, “tutupnya”. **Sus

48 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*