BP POM RI Padang Sidak ke Pasar Batusangkar

Tim sedang meneliti makanan yang kadaluarsa.
Tim sedang meneliti makanan yang kadaluarsa.

Batusangkar, Editor.- Tim Badan Penelitian Pengawasan Obat dan Makanan (BP POM) RI Padang melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke sejumlah toko yang ada di  Pasar Batusangkar, didampingi oleh Kepala Dinas Koperindak Tanah Datar Marwan, Kepala Dinas Kesehatan  Yesrita, Kepala Dinas Pangan Daryanto Sabir,Organisasi Perangkat Daerah OPD) terkait dan juga dari Kejaksaan Negeri Tanah Datar, Senin (13/5).

Dalam sidak tersebut masih ditemukan sejumlah bahan makanan dan kosmetik yang sudah kadaluarsa (expired) masih dijual di toko-toko yang ada di Pasar Batusangkar  berupa makanan, bahan pangan, minuman dan kosmetik. Setelah dilakukan penelitian oleh BP POM RI Padang barang bukti tersebut langsung dimusnahkan tanpa adanya komplain  dari si pemilik toko.

Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Koperasi.Perindustrian dan Perdagangan  Marwan mengatakan. Sidak ini dilakukan oleh tim gabungan dari BP POM Padang Dinas Koperindag, Dinas Kesehatan, Dinas Pangan, Polres, Kejaksaan dan Satpol-PP.

Adapun tujuan dari sidak ini kita lakukan guna untuk mengecek keamanan makanan dan juga kenaikan harga bahan pokok pada bulan Ramadhan ini serta memantau lonjakan harga menghadapi lebaran nantinya.

Sidak  ini tidak hanya dilakukan di Pasar Batusangkar tetapi juga akan dilakukan ke pasar-pasar nagari yang ada di Kabupaten Tanah Datar guna memastikan harga bahan pokok di Kabupaten Tanah Datar stabil selama bulan Ramadhan ini.

“Kita tidak akan segan-segan untuk menindak tegas jika ada ditemukan  para pedagang nakal yang sengaja menahan dan meninbun stok bahan makanan dan pangan yang menyebabkan harganya merlambung di pasaran,” tegas Marwan.

Kepala Dinas Kesehatan Yesrita pada kesempatan tersebut juga mengungkapkan bawasanya dalam sidak tersebut ditemukan sejumlah produk kadaluarsa.berupa  beberapa jenis bumbu penyedap makanan,kosmetik,biskuit, minuman,dan obat-obatan seperti jamu.

“Adapun produk kadaluarsa tersdebut ditemukan di swalayan jalan Soekarno –Hatta dan sejumlah toko rempah-rempah di Pasar Serikat C Batusangkar temuan tersebut langsung dimusnahkan di  lokasi penemuan, “ ujar Yesrita.

Ditambahkan Yesrita, kepada pemilik  swalayan dan toko tersebut telah diberikan teguran dan peringatan agar tidak lagi menjual produk-produk yang sudah kadaluarsa dan melewati batas tanggal  (expired) yang tertera pada kemasan produk.Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk  jeli dalam membeli makanan dan minuman dalam kemasan  serta obat-obatan teliti dulu batas tanggal (expirednya).

Disamping itu diharapkan agar masyarakat dalam membeli makanan dan tajir  untuk berbuka puasa.harus hati-hati jangan sampai membeli makanan dan tajir yang mengandung zat berbahaya dan juga memakai zat pewarna yang bisa merusak kesehatan kita , harap Yesrita. ** Jum

180 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
WhatsAppFacebookTwitterYahoo MailLineGoogle GmailEmailYahoo BookmarksShare

Komentar

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*