BLK Batusangkar Kerahkan Siswa Memproduksi Masker

Pembuatan masker di BLK Batusangkar.
Pembuatan masker di BLK Batusangkar.

Tanah Datar, Editor.- Masker menjadi satu barang yang penting untuk mencegah penularan pandemik Covid-19  dan di lapangan sangat sulit untuk membelinya di pasaran, karena stok masker tersebut tidak ada di apotik-apotik dan juga toko obat yang ada di Batusangkar. Walaupun ada harganya sangat mahal jauh dari harga sebelumnya.

Melihat  kondisi ini , UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Batusangkar memproduksi masker kain dengan kualitas baik yang nantinya diserahkan kepada Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Tanah Datar, untuk segera dimanfaatkan sesuai kebutuhan. Kegiatan ini melibatkan para alumni BLK Batusangkar, dimana kepada setiap alumni diberikan bahan untuk pembuatan masker secara mandiri di rumah mereka masing-masing. Bagi mereka yang tidak menpunyai mesin jahit pengerjaannya dilaksanakan di BLK Batusangkar dengan menerapkan social distancing dan sekali tiga hari mereka menyerahkan hasilnya ke UPT BLK Batusangkar.

Hal ini diungkapkan Kepala BLK Batusangkar, Aprizal, Sabtu (4/4) di antornya. Selanjutnya dia menjelaskan, hingga saat ini produksi masker kain itu terus digenjot dengan target 3.000  helai  dengan masa pengerjaan 10 hari, 1.000  helai  nantinya diserahkan kepada provinsi Sumatera Barat dan 2.000 helai  untuk Kabupaten Tanah Datar..

“Kegiatan Ini merupakan  bentuk partisipasi dari  UPT BLK Batusangkar dengan menyediakan masker guna mencegah penularan Covid-19, sebagai  rasa  kemanusiaan yang memang menjadi tugas kita bersama untuk mencegah penularan Covid 19.Untuk itu UPT BLK Batusangkar akan selalu siap melanjutkan tugas mulia ini,” ujar Aprizal

Kepala Dinas PMTSP Naker Tanah Datar Zarratul Khairi yang membawai UPT BLK Batusangkar  mengatakan. Produksi masker kain itu ialah merupakan program Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI melalui UPT BLK Padang yang dilaksanakan oleh UPT BLK Batusangkar dengan harapan untuk memenuhi kebutuhan masker sebagai Alat Pelindung Diri (APD) mencegah penularan Covid-19 di tengah masyarakat khususnya di Tanah Datar.

“Masker diproduksi oleh tenaga terampil alumni UPT BLK Batusangkar, guna  menunjang kinerja, mereka diberikan uang transpor, uang makan, BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Zarratul Khairi.

Selanjutnya ia  menambahkan. Dengan diproduksinya masker sebagai kebutuhan APD di Tanah Datar akan dapat terpenuhi. terutama untuk petugas yang menjadi garda terdepan dalam  menghadapi penularan Covid-19.

“Untuk itu kita juga berharap agar  UPT BLK Batusangkar mendapatkan perhatian dari pemerintah  untuk peningkatan sarana dan prasarana dalam  melaksanakan pelatihan dalam guna  menyiapkan tenaga terampil yang memiliki kompetensi dan bisa bersaing di bursa pasar tenaga kerja” harap  Zarratul Khairi.** Jum

292 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*