Bersebab Hujan, Gubernur Sholat Idul Adha di Masjid Raya Sumbar

Padang, Editor.- Karena kondisi hujan di pagi hari, penyelenggaraan Sholat Idul Adha pemerintah Provinsi Sumatera Barat di tempatkan di Masjid Raya Sumatera Barat, lantai bagian bawah, karena lantai utama masjid Raya masih dalam perbaikan pembangunan, Senin pagi ( 12/9/2016).

Hadir dalam kesempatan itu Gubernur Irwan Prayitno, Ketua DPRD Sumbar, Wakil Gubernur, Nasrul Abit, Kakanwil Kementrian Agama Sumbar, Ketua Dewan Masjid, Asisten Administrasi Umum, dan beberapa kepala SKPD dilingkungan Pemprov. Sumbar.

Gubernur Irwan Prayitno dalam sambutanya menekan, perlunya kebersamaan, kepedulian sosial dan keiklasan berqurban dalam memajukan pembangunan di Provinsi Sumatera Barat.

“Dengan nilai-nilai semangat ibadah qurban, kita dorong rasa kebersamaan, kepedulian sosial dalam meningkatkan pembangunan di Sumatera Barat. Kita menyadari tanpa kebersamaan tidak akan mampu mengerakkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan”.

Pemotongan hewan kurban di Mesjid Raya Sumbar
Pemotongan hewan kurban di Mesjid Raya Sumbar.

” Kita berharap prinsip-prinsip adat dan budaya, adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah merupakan filosofi kekuatan kaltur masyarakat Sumatera Barat, Saciok bak ayam, sadanciang bak basi, sebuah semangat komitmen bersama masyarakat minang , mambangkik batang tarandam. Kekuatan inilah yang sesungguhnya merupakan kebanggaan kita, untuk satu tekad mewujudkan masyarakat Sumatera Barat yang Mandiri dan Sejahtera”, ajaknya.

Gubernur juga menyampaikan, saat ini sejumlah jemaah haji Sumatera Barat sedang menunaikan ibadah haji di Makkah Almukaramah. ” Kita doakan saudara-saudara kita dapat menjalan ibadah haji dengan baik, diberi kesehatan dan kekuatan oleh Allah SWT. Dan kita berharap jemaah haji Sumatera Barat dapat kembali ke tanah ari dengan selamat. Mudah-mudahan mendapat haji yang mabrur, Amin, ” doa Irwan Prayitno.

Kakanwil Kementerian Agama, sekaligus ketua PHBI Sumatera Barat, Drs. Salman Memet, dalam kesempatan itu juga menyampaikan, ” Ibadah Idul Adha merupakan manivestasi dan pembelajaran berharga untuk selalu memelihara kesabaran dan keiklasan sebagai pemeliharaan sifat menyerahkan dirikan diri kepada Allah SWT “.

“Keteladanan Nabi Ibrahim AS beserta keluarga hendaknya dapat dijadikan contoh bagi segenap umum manusia untuk selalu menempakan kejujuran, kesabaran, keiklasan dalam konteks kepedulian sosial dalam keberagamaan. Oleh karena itu mari kita pertahankan dalam diri kita sebagai rasa iman dan ketaqwaan sebagai nilai-nilai yang utuh guna memajukan pembangunan  di Sumatera Barat, ” ujarnya

Di masjid Sumatera Barat Gubernur Irwan Prayitno bersama Wakil Gubernur Nasrul Abit menyerahkan satu ekor sapi qurban Presiden Joko Widodo, seberat 1,2 ton. Dan sapi tersebut diterima pengurus Masjid Masjid Raya . Kemudian juga sapi qurban dari Ketua DPD RI Irman Gusman seberat 518 kg.

Dalam kegiatan Idul Adha 1437, Gubernur Irwan Prayitno juga menyelenggarakan penyemblihan sapi qurban 2 ekor yang dilaksanakan di Gubernur, Senin (12/9/2016). Hadir Asisten Administrasi Umum Nasir Ahmad, Ketua Dewan Masjid Sumbar Drs. Yuliuas Said, Ketua Organda Budi Syukur serta beberapa kepada SKPD dilingkungan pemprov. Sumbar, antara Lain Kadis Perindag Asben hendri, Kabiro Ekonomi Wadarusmen, Kabiro Organisasi Irwan, Kabiro Umum Herry Noviandri, Kakanwil Kemenag, Drs. Salman, Ketua Tim Pengerak PKK Sumbar, Ny. Nevi Irwan Prayitno, Kabiro Binsos Syahril B, dll. ** Zardi/Hms

 

954 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*