Bermodal Nekat, Sanggar Seni Tari Rumah Gadang Ikuti Koreo Jam di Jakarta

Personal Sanggar Rumah Nan Gadang sebebelum keberangkatan ke Jakarta.
Personal Sanggar Rumah Nan Gadang sebebelum keberangkatan ke Jakarta.

Padang, Editor.- Meski tanpa dukungan Pemda Kabupaten Solok, Sanggar Seni Tari Rumah Gadang (Saseta Ruga) tetap berangkat ke Jakarta untuk mengikuti perlombaan Koreo Jam  yang akan dilaksanakan Sabtu – Minggu (09 s/d 10/12) di Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta.

Keikutsertaan Saseta Ruga itu hanya bermodalkan tiket pesawat untuk berangkat saja karena tidak mendapat bantuan sepeserpun dari lembaga terkait dengan perkembangan dan pengembangan kesenian, terutama dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Solok.

Demi untuk mengangkat marwah Sumbar, khususnya Kab. Solok dalam hal budaya dan kesenian, kelompok ini tetap memenuhi undangan panitia Koreo Jam, walau  hanya bermodalkan tiket untuk berangkat ke Jakarta tanpa persediaan dana tiket untuk kembali ke Padang. Bahkan untuk menghemat biaya, mereka juga membawa beras dan bahan masak mentah lainnya sebagai bekal selama di Jakarta.

Sebelum berangkat (Kamis, 7/12),  salah seorang pimpinan Saseta Ruga mengatakan kepada Editor, sehubungan undangan dan keberangkatan mereka mengikuti iven Koreo Jam, mereka telah mengajukan permohonan bantuan ke lembaga terkait di Kab. Solok, termasuk ke beberapa anggota DPRD Kab. Solok. Tapi tidak ada satupun yang merespon atau memberikan bantuan dana, termasuk Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Solok yang terkait langsung dengan perkembangan dan pengembangan kesenian.

Biaya tiket keberangkatan ke Jakarta itupun diperoleh dari bantuan pribadi beberapa orang yang peduli dengan pengembangan kesenian. Sementara untuk pulang nanti mereka akan berupaya menghubungi beberapa organisasi sosial kemasyarakatan dan tokoh masyarakat asal Kab. Solok untuk minta bantuan. ** Roni Akhyar

1436 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*