Berjulukan “Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto”, UNESCO Tetapkan Kota Sawahlunto Sebagai Warisan Dunia

Deri Asta menerima ucapan selamat setelah sidang Unesco di Azerbaijan.
Deri Asta menerima ucapan selamat setelah sidang Unesco di Azerbaijan.

Sawahlunto, Editor.- Kota Sawahluntoresmi masuk daftar Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO dalam pergelaran Sesi ke-43 Pertemuan Komite Warisan Dunia, Sabtu (6/7/2019), di Kota Baku, Azerbaijan.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta menyatakan hari itu akan dikenang sebagai hari yang sangat bersejarah bagi warga Kota Sawahlunto.

“Hari yang luar biasa dan akan selalu kita kenang,” kata Deri Asta.

Deri hadir dalam sidang penetapan tersebut. Sawahlunto ditetapkan UNESCO sebagai World Heritage alias Situs Warisan Dunia dengan nama Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto.

Wako Deri Asta saat mengikuti sidang Unesco di Azerbaijan.
Wako Deri Asta saat mengikuti sidang Unesco di Azerbaijan.

Menurut Deri, penetapan tersebut tidak hanya membuat bangga masyarakat Sawahlunto, tapi juga masyarakat Sumatera Barat dan Indonesia.

“Ini penghargaan yang luar biasa. Usaha kita akhirnya membuahkan hasil. Tambang batu bara ini merupakan tambang yang secara masif dan besar-besaran pertama di Asia Tenggara,” katanya.

“Wajib dilestarikan dengan infrastruktur yang bagus. Ayo datang ke Sawahlunto untuk menikmati kota sejarah world heritage,” ajak Deri.

Kota Sawahlunto sendiri dimasukkan ke daftar sementara warisan dunia kategori budaya sejak 2015. Setelah itu, proses pengumpulan data, penyusunan dokumen pendukung, dan diskusi panjang para ahli serta akademisi dari dalam dan luar negeri makin intensif dilakukan.

Sampai akhirnya muncul usulan agar tema nominasi diperluas untuk memperkuat Nilai Universal Luar Biasa (Outstanding Universal Value).

Prof. Dr. Arief Rachman selaku Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia Untuk UNESCO (KNIU) mengatakan, selain dampak pelestarian dan edukasi yang lebih sesuai mutu standar internasional, penetepan warisan dunia ini akan memberikan dampak yang signifikan pula bagi masyarakat setempat, terutama dalam bidang perekonomian.

Musum Tambang Ombilin Sawahlunto.
Musum Tambang Ombilin Sawahlunto.

“Kita berharap, dengan masuknya sawahlunto dalam world heritage ini, banyak peluang dan manfaat yang bisa diambil oleh Sawahlunto. Terutama bagi masyarakat, tentu butuh dampak ekonomi. Kita berharap hal itu dapat dikejar salah satunya melalui jalur pariwisata nantinya,” kata Arief Rachman, dalam keterangan pers tertulis yang diberikan Sekretariat KNIU kepada media.

Terkait peluang tersebut sebagai momen untuk mendapatkan dampak ekonomi bagi kesejahteraan masyarakat setempat juga disampaikan Walikota Sawahlunto, Deri Asta yang turut hadir langsung dalam sidang penetapan World Heritage oleh Komite Warisan Dunia di Gedung Pusat Kongres, Kota Baku, Azerbaijan itu.

“Ini momen yang luar biasa bagi kita, tentu akan banyak peluang yang tumbuh melalui penetapan Sawahlunto sebagai warisan dunia ini. Yang jelas, untuk pelestarian dan pengelolaan warisan dunia ini kita akan dibantu oleh UNESCO, badan resmi langsung milik Persatuan Bangsa – Bangsa (PBB).

Kota Sawahlunto.
Kota Sawahlunto.

Kemudian tentu juga langsung menyangkut dipromosikannya wisata Sawahlunto ke dunia internasional. Kita berharap dan akan menyusun langkah agar dari berbagai peluang tersebut, memberikan dampak bagi perekonomian masyarakat.

Sehingga kesejahteraan masyarakat Sawahlunto sedikit banyak bisa terbantu dengan pengakuan internasional untuk warisan dunia ini,” ujar Deri Asta,

Walikota Deri Asta menambahkan, untuk mencapai tujuan itu, maka Pemerintah Kota (Pemko) akan memfasilitasi dengan  dukungan kebijakan, terutama diarahkan bagi pembangunan infratstruktur memadai bagi pariwisata terkait kota tua (heritage) tersebut.

Wako Deri juga mengungkapkan, keberhasilan warisan tambang batubara Ombilin Sawahlunto lolos sebagai world heritage UNESCO merupakan dukungan semua pihak dan buah dari perjalanan panjang proses pengusulan yang dimulai sejak 2014 lalu.

“Kami sangat berterimakasih pada seluruh pihak yang telah berkontribusi, terutama masyarakat, dukungan masyarakatlah yang menjadi kunci. Juga dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, sampai di pusat ada Kementerian dan pihak terkait lain, semua bahu – membahu berpartisipasi membantu Sawahlunto,” tutur Deri. ** Adv

150 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*