Bendungan di Kelurahan Limau Manis Kota Padang Rampung

Pembangunan bendungan yang telah dirasakan manfaatnya.
Pembangunan bendungan yang telah dirasakan manfaatnya.

Padang, Editor.- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruangan DPUPR Kota Padang telah menyelesaikan Pembangunan  Rehabitasi Bendung Senilai 3.2  Milyar di kelurahan Limau Manis kecamatan Pauh kota padang  di kota Padang, Sumatra Barat.

Kepala Bidang PSDA Kota Padang Fadelan Fista Masta.
Kepala Bidang PSDA Kota Padang Fadelan Fista Masta.

Bendungan Irigasi tersebut akan menjamin suplai air irigasi secara berkelanjutan untuk  irigasi  kelurahan Limau Manis yang sebelumnya pernah terjadi bencana tahun 2015. Namun kini  sudah dapat teratasi hingga masyarakat bisa menikmati iriigasi dari bendungan tersebut.

Manager  CV  Serasi bersama  Awaluddin  Rao mengatakann, jaminan pasokan air dari irigasi tersebut diperkirakan akan mendorong peningkatan luas area tanam padi dari 50 hektare pertahun dengan intensitas tanam 100 Persen menjadi 150 hektare per tahun dengan intensitas tanam 300 persen

“Kita menjaga mutu proyek bangunan bendungan karena pertahanan banjir di bawah  jembatan sebelum masuk kampus Unand, semua sesuai dengan spek dan mutu pembangunan bendungan,” kata Awaluddin Rao saat dihubungi via tep seluler, Kamis (16/10)

Sementara itu Kepala Bidang PSDA Kota Padang, Fadelan Fista Masta mengatakan, bendungan ini untuk irigasi yang terletak Kelurahan Limau Manis Kecamatan Pauh.  irigasi bendungan kita jadikan satu hamparan sistem irigasi teknis dengan suplai air dari bendungan.

Pelaksanaan operasi dan pemeliharaan jaringan irigasi diklaim lebih efisien mengingat sedimen yang masuk ke saluran dapat lebih terkontrol dan mengurangi banjir Kota  Padang

Pembangunan bendungan yang telah dirasakan manfaatnya.
Pembangunan bendungan yang telah dirasakan manfaatnya.

Bendungan  kelurahan limau Manis merupakan  pertahanan air di bawah jembatan utama ke arah kampus Unand yang sebelumbnya 2015 terjadi Bencana Banjir, maka dibuat program Kawat Batu Bronjong dari dana BPBD  Provinsi Sumbar.

Pengerjaannya mulai 10  Februari 2020 dengan biaya Rp 3.2 Miliar. Pekerjaan Pembangunan Rehabitasi  Bendungan dikerjakan CV  Serasi Bersama di bawah konsultan Pengawasan PT Wendra Cipta.

Bendungan dikerjakan sesuai mutu hingga sekarang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat  kota Padang. Selain irigasi, bendungan ini juga menjadi salah satu destinasi wisata air di Kota kota Padang.

Kepala bidang PSDA Kota Padang Fadelan Fista Masta mendukung upaya  Irigasi dengan Pemerintah Kota Padang dalam bentuk melakukan penataan kawasan sehingga menarik kunjungan wisatawan.**Afridon/Adv

129 Total Dibaca 7 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*