Bawaslu Kab. Kepulauan Mentawai Launching Buku Laporan Pengawasan Pemilu 2019

Peluncuran buku Pengawsan Pemilu 2019 di Mentawai.
Peluncuran buku Pengawsan Pemilu 2019 di Mentawai.

Mentawai, Editor.- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Mentawai luncurkan buku laporan komperehensif hasil pengawasan Pemilu tahun 2019 di Hotel Bundo House, Jalan Raya Tuapejat km,06, Desa Sipora Jaya, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten kepulaun Mentawai, Senin (30/12/2019).

Pada kata sambutannya Ketua Bawaslu Mentawai, Perius Sabaggalet mengatakan, buku berjudul  “Mengawal Demokrasi  Dibumi Sikerei,”  itu merupakan hasil pengawasan tahapan Pemilu tahun 2019. Pengawasan meliputi Pemilu DPR, DPD, DPRD provinsi, kabupaten dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019.

“Dengan buku ini kita curahkan isinya, seperti bentuk pencegahan, penindakan, penyelesaian kegiatan, bentuk anggaran, dan termasuk pengawasan Bawaslu disetiap TPS di seluruh kabupaten kepulauan Mentawai pada Pemilu 2019,” sebut Perius.

Menurut Perius, pemilihan judul buku tersebut identik dengan wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai. dimana luas wilayah tak sebanding dengan jumlah Komisioner Bawaslu. Meski demikian keberadaan masyarakat sangat membantu Bawaslu dalam melakukan pengawasan pada tahapan-tahapan Pemilu yang terdiri dari tahapan perencanaan, kampanye dan sampai dengan rekepitulasi surat suara.

“Kalau hanya jajaran Bawaslu saja yang melakukan pengawasan, tampa peran serta masyarakat, tentu kami tidak sepenuhnya mampu. Artinya pengawasan tidak maksimal. Tetapi dengan adanya sinergitas dengan stacholder semuanya berjalan sesui harapan,” ungkapnya.

Buku ini ditulis oleh Ketua Komisioner SDM Perius Sabagallet, Komisioner Devisi Hukum dan Penindakan Sunarno dan Komisioner Devisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Firdaus Risman Satoinong. Terdiri dari 252 halaman dan terdiri dari 7 topik pembahasan.Yaitu, Wewenang dan Kewajiban Bawalu Mentawai, SDM dan Organisasi, Pengawasan dan Pencegahan dugaan pelanggaran Pemilu.  Selanjutnya, penindakan pelanggaran Pemilu dan penyelesaian sengketa dan advokasi.

Acara Lounching buku itu dihadihadiri Ketua Bawaslu Provinsi Sumatra barat, Elly Yanti,S.H, Jajaran Komisioner Bawaslu, Unsur Forkopimda Mentawai, stake holder dan Masyarakat. ** Haryanyo/Jumelsen

395 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*