Bawaslu, Indeks Kerawanan Politik Payakumbuh Rendah

 

Payakumbuh, Editor.- Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi mengajak aparatur penyelenggara Pemilu di Payakumbuh serta seluruh masyarakat kota ini, untuk sama-sama menyukseskan pelaksanaan Pilkada Payakumbuh, yang akan dilakukan serentak di Tanah Air, 15 Februari 2017.

Meski Bawaslu RI sudah mengeluarkan data, bahwa Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) dan Pilkada di Payakumbuh rendah, tapi seyogyanya warga kota tak terlena dengan angka IKP itu. Sebaliknya, aparatur penyelenggara Pemilu dan  warga diminta untuk terus mewasdiri dan meningkatkan partisipasinya dalam setiap gelar pesta demokrasi dimaksud.

Demikian disampaikan Walikota Payakumbuh Riza Falepi, ketika menerima anggota Panwaslu Payakumbuh yang diketuai Media Febrina, di Balaikota Payakumbuh, Jumat (15/9) sore. Kunjungan Panwaslu itu, juga memastikan pendanaan buat Panwaslu, guna menyukseskan Pilkada 2017 mendatang.

Pada acara grand lounching IKP dan Pemilihan Kepala Daerah 2017, di Jakarta, dihadiri Mendagri, Menkopulhukam, Jaksa Agung, Kapolroi, Panglima ABRI. Komisi II DPR RI. KPU dan Bawaslu, serta gubernur dan walikota/bupati yang daerahnya akan ikut Pilkada 2017, dijelaskan IKP setiap daerah di Indonesia. Ada tiga dimensi kerawanan yang harus diwaspadai, yaitu pada kegiatan penyelenggaraan (30%), kontestasi (35%) dan partisipasi (5).

Ketua Panwaslu Media Febrina, pihaknya siap mengawal tahapan Pilkada Payakumbuh dan akan memberikan sosialisasi yang maksimal terhadap warga, terkait dengan tiga dimensi IKP itu, sebutnya.  Sama dengan walikota, Panwaslu juga punya target, agar IKP Payakumbuh jauh lebih rendah lagi, tegasnya.

Menurut Walikota Riza Falepi didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan Yoherman, SH, S.Sos dan Staf Ahli Walikota Bidang Pemerintahan dan Politik Dra. Hj. Ryuslayetti, Payakumbuh dari ketiga dimensi itu tercatat paling baik dalam laporan Bawaslu. IKP Payakumbuh tercatat 1,859, dan dinilai memiliki tingkat kerawanan rendah. Skor yang dikeluarkan Bawaslu, 0  – 1,99 sama dengan kerawanan rendah, 2,00 – 2,99 (kerawanan sedang) dan 3 – 5 (kerawanan tinggi).

Walikota berharap, baik KPU, Panwaslu, serta para kontestan Pilkada dan para pendukungnya, mari sama-sama menyukseskan Pilkada nanti, dengan tidak menimbulkan kegaduhan di kota ini. Nama baik kota, sebagai pemilik IKP yang rendah, harus dipelihara bersama, harapnya. ** Yus

1022 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*