Basikakeh Roda Basi, Ramaikan Pariwisata Kota Solok




Wako Zul Elfian saat meresmikan kegiatan Basikakeh Roda Basi minggu lalu.
Wako Zul Elfian saat meresmikan kegiatan Basikakeh Roda Basi minggu lalu.

Solok, Editor.-. Dinas Pariwisata Kota dinilai sukses melaksanakan beberapa perlombaan bernuansa Minangkabau pekan silam. Diantaranya, Lomba Pacu Bajak, Lomba Pacu Upiah, Lomba Pacu Belut dan Batuang Gilo. Selain itu juga  ditampilan Silek Tuo (Silat Tua) yang dilakukan oleh Tuo tuo Silek yang ada dikota dan kabupaten Solok.

Kegiatan yang bertujuan untuk memberi nilai tambah pengembangan pariwisata Kota Solok dan hiburan bagi masyarakat tersebut, dibuka secara resmi dibuka oleh Walikota Solok, Zul Elfian, SH, Msi dan digelar di hamparan Sawah Solok, depan kantor Pengadilan Negeri Solok, Kamis (10\5).

Dalam kesempatan itu Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok, Elvy Basri mengatakan, kegiatan yang dikemasnya itu bertemakan Basikakeh Roda Basi, yang secara umum bertujuan untuk mengenalkan kembali tradisi yang dahulunya menjadi kegiatan rutin setiap datangnya musim tanam padi. Selain itu juga untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas akan keindahan hamparan  Sawah Solok yang dikelilingi oleh dereran bukit yang menghijau.
“Secara khusus kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan destinasi destinasi wisata kota Solok yang berorientasi kepada peningkatan kunjungan wisata kedaerah tersebut dalam rangka menuju Visit kota Solok 2020,” kata Elvy Basri.

Sementara itu walikota Solok, Zul Elfian, SH, M.Si dalam kesempatannya membuka kegiatan itu, mengapresiasi kegigihan dinas Pariwisata dalam meningkatkan kunjungan wisata di kota Solok yang telah mampu untuk menggali potensi dan meningkatkan kunjungan wisata melalui kekayaan kesenian budaya yang dimiliki.
Walikota Solok mengharapkan,  apa yang telah diupayakan oleh Dinas tersebut dapat menuai hasil yang maksimal dan menjadi motivasi bagi OPD lainnya untuk berinovasi demi masyarakat dan daerah setempat.
Acara Basikakeh Roda Basi turut dihadiri dan disaksikan oleh Ketua DPRD kota Solok,Yutris Can, Kapolres Solok Kota, Dandim 0309, Kejari, Ketua Pengadilan, Ninik Mamak, Bundo Kanduang dan jajarannya serta Forkompimda Kota solok.** Mempe 

 

134 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
WhatsAppFacebookTwitterYahoo MailLineGoogle GmailEmailYahoo BookmarksShare

Komentar

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*