Bank Sampah Tunas Muda Jawi-Jawi II Olah Sampah Jadi Desinfektan

Pjs Wako Pariaman menyerahkan sertifikat.
Pjs Wako Pariaman menyerahkan sertifikat.

Pariaman, Editor –  Plt Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin memuji inovasi Bank Sampah Tunas Muda Kelurahan Jawi-Jawi II, Pariaman Tengah, yang mengelola sampah masyarakat menjadi pupuk sekaligus menciptakan lingkungan bersih dari sampah.

“Daur ulang sampah oleh Tunas Muda adalah terobosan baru dan menjaga lingkungan sekitar tetap bersih dan sehat,” kata Mardison pada penyerahan sertifikat pupuk kompos cair SNI sekaligus peluncuran Akustik Pariaman, singkatan dari ayo kumpul sampah plastik retrebusi aman, Kamis (22/10).

Pada kesempatan itu Mardison juga menyaksikan kerjasama kelurahan Jawi-Jawi II dan Bank Sampah Tunas Muda dengan Kampus Dharma Andalas.

Ide memanfaatkan sampah organik sebagai pembersih yang disebut ekoenzim, kata Mardison adalah langkah maju di masa pandemi.

Ekoenzim adalah hasil fermentasi sampah dapur berupa sisa-sisa sayuran dan kulit buah. Ekoenzim ini memiliki banyak manfaat, salah satunya bisa menjadi cairan pembersih untuk membersihkan lantai dan mencuci piring. Ekoenzim juga bermanfaat untuk pupuk kompos tetapi juga bisa menjadi desinfektan di masa mandemi.

“Kita mesti latih generasi muda agar bisa memanfaatkan sampah melalui ekoenzim karena mudah dan menggunakan peralatan sederhana,” sebutnya.** Afridon

87 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*