Bagikan Sembako, BBGRM Tahun 2020 Finish di Dermaga Singkarak

Bupati Solok Gusmal Berdialog dengan Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman
Bupati Solok Gusmal Berdialog dengan Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman

Singkarak, Editor.- Iven bersepeda Bukit Barisan Gowes Ranah Minang tahun 2020  yang start di Jam Gadang Bukittinggi, melewati Padang Panjang, Batusangkar,  berakhir dengan finish di Dermaga Singkarak, Kabupaten Solok, Minggu (23/2).

Gowes ini terdiri dari tiga etape dengan jarak tempuh 104 Km. Etape pertama dari Jam Gadang – Istana Pagaruyung, etape kedua dari Istana Pagar Ruyung – Lapangan SD Kecamatan Batu Taba, serta etape ketiga dari Lapangan SD Batu Taba – Dermaga Danau Singkarak.

Di titik finish hadir Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Tatang Sulaiman. Bupati Solok H. Gusmal, Walikota Solok Zul Elfian, Wali kota Padang panjang Fadli Amran, Ketua DPRD Kab Solok Jan F Pandu, Dandim 0309  Letkol Arm Reno Triambodo, Kapolres Solok Kota AKBP Ferri Suwandi.

Saat diwawancarai, Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman menjelaskan, Bukit Barisan Gowes Ranah Minang (BBGRM) 2020 selain iven olahraga bersepda jua merupakan wahana sosial dengan  melakukan penanaman  pohon manggis, jambu bol dan melepas bibit ikan ke Danau Singkarak.

“TNI tidak akan bisa hidup tanpa ada masyarakat. TNI itu bagaikan ikan dengan air. Air itu adalah masyarakat dan lingkungannya TNI itu ikannya. Ikan tak hidup tanpa air, air juga tak bagus tanpa ada ikan. Jadi dua duanya harus saling bersinergi saling membutuhkqn. TNI melindungi rakyat, mengamankan rakyat, rakyat juga memiliki TNI,” kata Tatang Sulaiman.

Menurut Wakasad, iven juga termasuk agenda internasional dan Angkatan Darat mencoba mengriger, makanya dibentuk club-club sepeda di angkatan darat di jajaran Kodam, Korem kemudian di satuan- satuan agar lebih bermasyarakat lagi.

“Pak Danrem dengan Pak Pangdam membuat kegiatan ini bervariasi dan tidak hanya olah raga saja. Ada program penghijauan,  bakti sosial kemasyarakatan dengan membagikan sembako di setiap istirahat dan pada finish di Danau Singkarak juga menanam pohon untuk pelestarian lingkungan.” Ujar Wakasad. ** Tiara/Hms

273 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*