Arisan Forum Seni Anak Nagari, Gelar Randai di Pianggu

Pianggu, Editor.- Wakil Bupati Solok menghadiri Arisan Forum Seni Anak Nagari ke 7, bertempat di Nagari Pianggu, Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Sabtu (22/4). Arisan tersebut bermaterikan penampilan kesenian Minang, terutama Randai oleh grup dari Kab. Solok dan Kota Sawahlunto.

“Saya sangat mengapresiasi sekali adanya forum ini yang tentu akan semakin mempererat hubungan antara Kab Solok dengan Kota Sawahlunto. Banyaknya masyarakat yang hadir pada malam hari ini,ini menandakan antusias masyarakat kita masih tinggi terhadap kesenian tradisonal,” kata Yulfadri Nurdin.

Menurut wabup, hampir diseluruh nagari di Kab Solok mempunyai grup randai dan itu membuktikan kesenian tradisional Minang sudah mulai kembali bangkit, Untuk itu dia mengucapkan elamat kepada ketua forum yang telah bergerak dan aktif sejak beberapa waktu

“Ini adalah prgogam yang baik dalam mempertahankan dan melestarikan kesenian daerah, khususnya randai. Di Kab Solok sudah terbentuk Dewan Kesenian, teruslah berkarya, insyaalah pemerintah akan terus mendukung kesenian anak nagari, “ pungkas Yulfadri Nurdin.

Sebelumnya Ketua Forum, Indra Gunawan melaporkan, Arisan Forum Seni Anak Nagari pada malam tersebut  adalah yang ke7 dan yang menjadi tuan rumah adalah Nagari Pianggu. Dasar terbentuknya Forum Seni Anak Nagari ini karena melihat semakin kurangnya minat para generasi muda kita dalam kesenian tradisional Minangkabau, khususnya randai.

“Acara ini kita kemas seperti arisan sekali 3 bulan, forum ini terdiri dari 26 kelompok randai  di Kabupaten Solok, Sijunjung dan Kota Sawahlunto. Dengan adanya forum ini kita harapkan dapat memfasilitasi dan memupuk minat para anak-anak muda kita untuk terus melestrarikan kesenian randai ini, karena saat ini grup-grup randai itu seperti mati suri,” jelas Indra Gunawan.

Selain Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin, tampak hadir dalam kegiatan malam itu Sekcam IX Koto Sungai Lasi, beberapa Kepala OPD lingkup Pemkab Solok, Walinagari Pianggu dan tokoh masyarakat setempat. ** Febrian D’Gumanti/Olga/Hms

1278 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*