Aparatur Nagari se Kab. Solok Ikuti Pembekalan Tata Kelola Keuangan

Padang, Editor.- Aparatur Pemerintahan Nagari se Kab. Solok diberi pemebekalan tentang tata kelola adimistrasi dan keuangan, bertempat di Axana Hotel,  Padang, Selasa (14/2). Kegiatan ini berlangsung mulai dari tanggal 14 s/d 17 Februari 2017.

Dalam sambutan dan arahannya Bupati Solok, Gusmal. SE, MM mengatakan, semangat gerakan nagari membangun Kabupaten Solok sudah mulai dirasakan di seluruh Kab Solok. Semangat ini harus tetap kita jaga agar pembangunan di nagari, baik pembangunan infrastruktur ataupun pembangunan masyarakat dan ekonominya bisa terus bergerak positif dan akhirnya tentu akan berdampak positif pula untuk Kab Solok.

“Penyelesaian APBNagari saya dengar sudah berjalan dengan baik. Lebih dari separo nagari sudah menyelesaikan penetapan APBNagari nya dan dalam proses di kecamatan. Semoga ini akan menjadi awal yang baik dalam tata kelola pemerintahan nagari yang baik tahun 2017 dan tahun tahun selanjutnya,” kata Gusmal.

Lebih lanjut dikatakan, masalah dana nagari yang sangat besar, sangat rentan sekali dengan persoalan-persoalan, Baik kecemburuan dari masyarakat termasuk juga permasalahan dengan aparatur hokum, Kami menghimbau agar pemerintahan nagari bisa hati-hati dan bekerja dengan baik sehingga bisa aman dan selamat dalam bekerja.

Agenda yang mendesak di tahun 2017 ini adalah pemilihan walinagari serentak , saya berharap semua dapat berjalan dengan lancar, demokratis dan tidak menimbulkan perpecahan di tengah masyarakat, paling lambat Agustus 2017 semua walinagari sudah baru semua

Permasalahan pemekaran  atau penataan nagari, secara prinsip pemerintah Kab Solok merestui, sepanjang itu memang aspirasi seluruh komponen masyarakat. Jika masyarakat kita sepakat maka pemerintah daerah akan memfasilitasi, akan membimbing bagaimana proses pemekaran itu bisa berjalan dengan baik.

“Manfaatkan setiap momen pelatihan dan pembekalan ini sebagai ajang peningkatan kualitas, Jangan semata-mata hanya jadi ajang refreshing namun juga sebagai ajang menambah wawasan.” Pesan Gusmal.

Sebelumnya Ketua Panitia Pelaksana Laporan ketua pelaksana, Medison, S.Sos, M.Si yang juga Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan partisipatif serta untuk mewujudkan masyarakat dan pemerintahan nagari yang mandiri dan produktif.

“Maksud dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman serta regulasi bagi aparatur pemerintahan nagari dalam rangka melaksanakan manajemen pemerintahan nagari, perencanaan pembangunan nagari yang mandiri dan produktif,” jelas Medison.

Kegiatan pembekalan aparatur nagari diikuti oleh walinagari dan sekretaris nagari di lingkungan pemerintah daerah Kab Solok sebanyak 148 orang. Narasumber berasal dari DPMN, Kapolres arosuka, kepala BPKP Prov Sumbar, Kepala Barenlitbang Kab Solok, Badan Keuangan Daerah Kab Solok, Asisten I dan II Setda Kab Solok dan pamong senior lainnya.

Hadir pada kesempatan ini Direktorat Pengembangan Kapasitas Aparatur Desa Dirjen Bina Pemdes Kemendagri diwakili oleh Kasubdit Standar Kapasitas, Drs. Beni Irwan, M.Si, M.A,  Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Kemasyarakatan dan SDM, Ferisnovel, SIP. M. Si, Kepala Barenlitbang Kab Solok,  H. Dusral, SE, MM, Kepala Badan Keuangan Daerah Kab Solok dan  Muhammad Djoni, SSTP, M.Si. ** Febrian D’Gumanti/Olga/Hms

1055 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*