Aparatur Kecamatan dan Wali Nagari se Kab. Solok Ikuti Bimtek Pengelolaan APB

Bupati Gusmal menyerahkan reward buat nagari penyelenggara terbaik Transparansi Dana desa tahun 2018.
Bupati Gusmal menyerahkan reward buat nagari penyelenggara terbaik Transparansi Dana desa tahun 2018.

Padang, Editor.- Dalam rangka percepatan penyusunan APB Nagari yang mengacu kepada Permendagri 20 Tahun 2018, aparatur kecamatan dan Wali Nagari se Kabupaten Solok mengkuti Bimbingan Teknis, bertempat di  HW Hotel dan Rocky Hotel, Padang, Rabu (30/1).

Dalam sambutannya saat membuka resmi kegiatan tersebut, Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MM mengatakan, dengan dilaksanakannya workshop Pengelola Keuangan Nagari Bagi Sekretaris Nagari dan Kaur Keuangan Nagari se-Kabupaten Solok, semoga pengelolaan keuangan nagari menjadi lebih baik, tertib dan akuntabel.

Menurut bupati, tahun 2019 total alokasi anggaran untuk Nagari sebesar  Rp. 150,7 Miliyar atau setara dengan 11,7 % APBD Kabupaten Solok Tahun 2019 sebesar Rp. 1,28 Triliyun. Jumlah ini meningkat sebesar Rp. 13,9 Miliyar dari tahun 2018 sebesar Rp. 136,8 Miliyar sedangkan anggaran per Nagari paling kecil sebesar Rp. 1,54 Miliyar dan yang terbesar Rp. 3,3 Miliyar.

“Beberapa Agenda prioritas yang dilaksanakan oleh pemerintah Nagari tahun 2019

Pemilihan wali Nagari serentak tahun 2019 sebanyak 53 Nagari, yang tahapannya dimulai setelah Pilpres,” jelas Gusmal.Sebelumnya ketua eplaksana kegiatan yang juga Kepala DPMN Kab. Solok, Medison melaporkan, Tujuan Pelatihan Workshop ini dalam rangka percepatan penyusunan APB nagari yang mengacu kepada Permendagri 20 Tahun 2018, untuk meningkatakan kesejahteraan masyarakat di nagari serta penurunan angka kemiskinan dan peningkatan layanan public di nagari.

Sebelumnya ketua pelaksana kegiatan yang juga Kepala DPMN Kab. Solok, Medison melaporkan, Tujuan Pelatihan Workshop ini dalam rangka percepatan penyusunan APB nagari yang mengacu kepada Permendagri 20 Tahun 2018, untuk meningkatakan kesejahteraan masyarakat di nagari serta penurunan angka kemiskinan dan peningkatan layanan public di nagari

Kegiatan  ini dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 29 Januari s/d 1 Februari 2019 yang diselenggarakan di dua tempat. Yaitu HW Hotel “Bimbingan Teknis Bagi Aparatur Kecamatan Dan Wali Nagari se-Kabupaten Solok Tahun Anggaran 2019” dan Rocky Hotel “Workshop Pengelolaan Keuangan Nagari dan Percepatan Penyusunan APB Nagari Tahun Anggaran 2019” di Padang.

“Peserta yang mengikuti kegiatan terdiri dari Camat, Wali Nagari, Sekna serta Pejabat Pengelola Keuangan Nagari se-Kabupaten Solok. Kegiatan workshop ini akan menjadi agenda bagi perangkat nagari tiap tahunnya,” jelas Medison.

Dalam Kegiatan ini juga diserahkan reward Nagari Terbaik Transparansi Dana desa tahun 2018 yaitu Nagari Labuah Panjang Kecamatan X koto Diatas serta Enam Nagari terbaik tutup buku tahun 2018 yaitu Nagari Paninjauan Kecamatan X Koto Diatas, Nagari Katialo Kecamatan X Koto Diatas, Nagari Bukik Bais Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Nagari Jawi-jawi Kecamatan Gunung Talang, Nagari Muaro Pingai Kecamatan Junjung Sirih, Nagari Paninggahan Kecamatan Junjung Sirih.

Materi yang akan dipaparkan dan dimantapkan dalam bimtek tersebut diantaranya, Pengisian keanggotaan BPN di 38 Nagari, Dukungan terhadap Program SUBP, Pembangunan dan Pengembangan Perpustakaan Nagari, Program percontohan PMTAS bagi murid SD di 3 Kecamatan (Gunung Talang, Kubung dan IX Koto Sei Lasi), Dukungan terhadap penyediaan dan layanna air bersih.

Untuk dukungan terhadap sanitasi lingkungan dan program bebas BABS, dDiharapkan kepada 53 nagari segera menyelesaikan seluruh tanggungjawab dan kewajiban terhadap keuangan Nagari sebelum masa jabatannya berakhir.

“Saya berharap agar penyusunan APB Nagari tahun 2019 segera dituntaskan setelah pelatihan ini. Diminta kepada Camat dapat mendampingi Wali Nagari,Sekna serta Pejabat pengelola Keuangan Nagari untuk penggunaan  dana alokasi Nagari. Kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari diharapkan agar terus memberikan layanan dan fasilitas serta pembinaan terhadap Pengelolaan keuangan Nagari yang lebih intensif kepada pemerintahan Nagari,” kata Medoson. ** Rhian/Roni/Hms

619 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Advertisements
Advertisements
Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*