Anggota Komisi IV DPR RI Serahkan Bantuan Alsintan ke Petani Solsel

Penyerahan alsintan oleh anggota DPR RI di Solsel.
Penyerahan alsintan oleh anggota DPR RI di Solsel.

Solok Selatan, Editor.– Guna meningkatan produktivitas pertanian dan kesejahteraan petani di Solok Selatan, Anggota DPR RI Komisi IV Hermantor menyerahkan bantuan alsintan dalam mempermudah penggarapan lahan pertanian.

Bantuan alsintan jenis Uppo diserahkan dua unit tersebar di Kecamatan Sangir dan Sangir Jujuan. Serta handtraktor roda dua 7 unit tersebar di Keamatan Koto Parik Gadang Diateh, Sungai Pagu, Pauhduo dan Sangir Jujuan dan cultivator 3 unit yang tersebar di Kecamatan KPGD dan Sangir, Handsprayer 3 unit tersebar di Kecamatan Sungai Pagu, dan mini combine harvester mobile 1 unit Pauh Duo. Jenis bantuan lainnya yang akan menyusul berupa power threser multiguna 4 unit untuk KPGD, dan Sungai Pagu masing-masing dua unit.

“Silahkan dimanfaatkan dan dirawat dengan baik, dan bila tidak digunakan lebih baik dialihkan ke Keltan lainnya,” kata Hermanto saat penyerahan elsintan di kantor dinas Pertanian Solsel, Sabtu (5/9).

Dia mengatakan, akan memperkenalkan beras merah varietas khas Solsel ke Menteri Pertanian. Alat-alat mesin pertanian menunjang target pangan nasional, diharapkan betul-betul memelihara dan memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Sebagai upaya mencari solusi pengembangan varietas khas Solsel, dan dimaksimalkan lahan pertanian di daerah.

“Nanti kita upayakan lagi hullernya, agar lebih berkualitasnya beras merah di produksi Solsel. Aspirasi ini akan kita sampaikan ke Menteri Pertnaian,” ujarnya.

Sementara, Plt Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman, mengatakan, setiap tahunnya Anggota DPR RI Komisi IV, Hermanto selalu memberikan bantuan elsintan peralatan pertanian bagi kelompok tani di Solsel.

“Yang saya salutkan, beliau datang apa adanya. Tanpa ada pengawalan, seperti Anggota DPR RI lain disaat turun kelapangan,” kata Abdul Rahman.

Bantuan alsintan dari Anggota DPR RI itu sebutnya, dapat membantu meringankan beban petani dalam menggarap lahan pertanian yang ada. Biasanya hanya dikerjakan manual dan sekarang sudah menggunakan teknologi tepat guna.

Abdul Rahman memaparkan, banyak anggota DPR datang ke daerah, ketika ada pesta demokrasi saja,atau melakukan reses menjemput aspirasi masyarakat. Itupun hanya dikantor Bupati saja kemudian berangkat lagi ke Jakarta.

Tapi lain halnya dengan Hermanto yang selalu peduli dengan petani daerah Solsel.

“Biasanya Anggota DPR RI lainnya datang ke Solsel, hanya menampung aspirasi hingga di Kantor Bupati saja. Tapi tidak  ada realisasi anggarannya bagi masyarakat.

“Agak aneh anggota DPR RI yang satu ini. Kalau nyari di Jakarta, hanya bisa ditemui di Masjid. Dan tempat menginap tidak di hotel,” kenangnya. ** Natales Idra

182 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*