Anggota Komisi II DPRD Mentawai Jimer Munthe, Persediaan dan Harga Sembako Masih Normal

Jimer Munthe,
Jimer Munthe,

Mentawai, Editor.- Imbauan untuk mengurangi kegiatan di luar rumah dan mengurangi berkumpul di luar rumah oleh pemerintah sudah seminggu lebih.  Hal ini supaya kita tidak terjangkit Corona Virus Disiase (Covid-19) di Kabupaten kepulauan Mentawai khususnya.

Hal ini  berdampak pada  penurunan omset penjualan warung  sembako. Pemantauan di warung – warung sembako pada hari ini persediaan sembako masih normal dan harga sembako juga masih stabil. Akan tetapi  harga gula ada kenaikan sedikit  dari harga normalnya Rp. 17.000/kg, saat ini harga di warung sembako kenaikan harganya bervariasi sekitar Rp. 18.000,-/kg  hingga  Rp. 20.000,-/kg, sebut Anggota Komisi II DPRD Mentawai Jimer Munthe

“Ia menghimbau, kepada pedagang  supaya  jangan mengambil keuntungan dalam situasi seperti ini dengan menaikkan harga – harga  sembako,”artinya kita saling bahu membahu dalam situasi seperti sekarang ini,” harap Jimer.

Bila ada nanti, kata Jimer Munthe, yang menaikkan harga  tidak sesuai dengan harga pasar maka nanti  akan dilaporkan kepada pihak  Satpol PP. Kalau ada yang melakukan penimbunan barang, sementara barang di warung sembako kosong, itu suatu pelanggaran hukum  dan nanti akan dilakukan proses hukum oleh kepolisian.

“Demi untuk mengantisipasi terjangkitnya Corona Virus Disiase (Covid-19) di Mentawai, kalau memang nanti ada ketetapan diberlakukan,”Lockdown” oleh Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) saya setuju, Numun untuk barang sembako harus tetap di normal pasokannya dan harga harga tidak boleh digelembungkan,” ucap Jimer Munthe  kepada wartawan di ruang kerjanya, Jum’at (27/03/2020).

Tentu hal ini berdampak pada penjualan sejumlah sembako dan bumbu dapur. Bukan hanya di pasar yang mengalami kenaikan harga, pedagang kelontong rumahan pun menjerit karena harga semakin naik, penjualan menurun.

Terpisah, salah satu  pedagang kelontong sayur dan toko sembako di daerah Jalan. Raya  Tuapejat km 04 Mentawai,  Ipnawati mengatakan, sejak adanya Virus Corona ini sedikit ada penurunan omset penjualan dan harga – harga sembako  masih relatif normal, saat ini masih harga gula yang ada kenaikan harganya dari per karung harga sebelumnya Rp. 670.000.-/karung, ber isi 50 kg/karung sekarang jadi Rp.850.000.-/karungnya, berarti   harga penjualan kami sekarang  berkisar Rp.19.000.-/kg hingga Rp. 20.000.-/kg itu kami sesuaikan dengan harga dari Padang, terang dia.

“Ia juga berharap semoga Covid-19 ini tidak terjangkit kepada kita semua, supaya kita dapat berusaha dengan Normal seperti sebelumnya,” harap Ipnawati. ** Yanto/Jumelsen

220 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*