Anggota DPRD Sumbar Reses di Kecamatan Ranah Batahan

Angggota DPRD Sumbar dari Dapil 4 Kab Pasaman dan Pasaman Barat saat reses di Kecamatan Batahan Kab Pasaman Barat
Angggota DPRD Sumbar dari Dapil 4 Kab Pasaman dan Pasaman Barat saat reses di Kecamatan Batahan Kab Pasaman Barat

Padang, Editor.- Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat yang berasal dari daerah pemilihan Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat (Dapil 4), Selasa (12/12) melakukan  reses di Kematan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. Kunjungan ini dipimpin oleh H Amora Lubis selaku putra daerah setempat.

Pada kesempatan ini H Amora Lubis menyampaikan, tujuan diadakannya reses ini oleh DPRD Provinsi Sumatera Barat  ke daerah pemilihan, adalah untuk menjemput aspirasi masyarakat didaerah pemilihan, guna disampaikan kepada pemerintah provinsi  secara resmi pada rapat paripurna pada akhir masa sidang ke 3  Desember tahun 2017 ini.

Reses pada masa sidang ketiga tahun 2017 dilaksanakan secara berkelompok. Anggota DPRD yang berasal dari daerah pemilihanya secara bersama sama mengunjungi daerah pemilihannya. Pasaman Barat termasuk dalam daerah pemilihan Sumbar 4 yang terdiri dari daerah pemilihan Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat yang jumlah anggotanya berjumlah 9 orang.

Dari Hasil pertemuan dengan masyarakat Ranah Batahan  yang menjadi perioritas adalah, masalah perekonomian terkait sarana dan prasarana, termasuk jalan dan normalisasi sungai Batang  Laping yang sering meluap, sehinga mengancam persawahan masyarakat  akibatnya masyarakat sering mengalami  gagal panen.

Masyarakat Kecamatan Ranah Batahan berharap pemerintah membuatkan  jembatan Muara Mais, karena  kondisi jembatan gantung  yang ada sekarang sudah mengkawatirkan untuk dilewati akibat diterjang banjir .

Menurut Amora Lubis, untuk jembatan Muara Mais ini, Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat sudah mengalokasikan anggaran pada tahun 2018 untuk pembuatan jembatan ini, karena jembatan ini merupakan akses masyarakat Mauara Mais ke Lubuk Gobing.

Permasaalahan lain yang muncul dalam pertemuan ini adalah mengenai  Rehab Rumah bagi  masyarakat  yang  kurang mampu . Di daerah ini banyak warga  kurang mampu yang memerlukan rahab rumah. Menurut Amora,  informasi dari Dinas Sosial Kabupaten Pasaman tahun ini direhab 1000 rumah. Jumlah ini masih belum mencukupi, katanya.

Selain  itu yang juga mengemuka dalam pertemuan ini adalah masalah proyek PDAM yang sudah dibangun beberapa tahun  yang lalu, tapi tidak ada kelanjutannya, sementara masyarakat sangat butuh Air PDAM. Kalau memang ini kewenangan provinsi, kita akan pertanyakan kepada pemerintah provinsi, agar  proyek ini bisa dituntaskan sehingga bisa bermamfaat oleh masyarakat.

Masyarakat juga  ingin cetak sawah baru pada 5 jorong dan kita sangat mendukung, jelas Amora lubis, Karena Pasaman Barat ini dulunya termasuk daerah pertanian,  kita akan perjuangkan usulan cetak sawah baru ini kepada pemerintah provins .

Sementara itu Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat yang berasal dari dapil 4 Sabar AS dari mengatakan, dari hasil pertemuan dengan masyarakat Ranah Batahan, masyarakat minta soal peningkatan infra struktur dan normalisasi sungai  dan irigasi sawah yang berdampak pada peningkatan hasil pertanian masyarakat nantinya .

Pada kesempatan ini Alimar Kepala UPT Dinas Pertanian Kecamatan Ranah Batahan  menyampaikan, adapun cetak sawah Baru yang sudah diukur di Kecamatan Ranah Batahan ini. Masing masing, di daerah Sigantang 22,5 Hektar, Tanjung Larangan, 48,5 Hektar,Kampung baru Gunung Tua 100 Hektar dan Lubuk Gobing 26,5Hektar .

Alimar juga mengusulkan kepada DPRD Provinsi agar melakukan normalisasi Batang Laping karena setiap musim hujan menjadi langganan banjir. Sehingga  ratusan hektar lahan sawah masyarakat  didaerah ini selalu gagal panen dan  berdampak buruk terhadap perekonomian masyarakat.

Sementara itu Drs Suhembi anggota DPRD Dapil 4 yang juga putra daerah Pasaman Barat mengatakan, dia sangat mendukung normalisasi Batang Laping. Kalau tidak dinormaliasi akan mengancam hasil pertanian masyarakat sehingga masyarakat gagal panen. Untuk itu kita akan perjuangkan normalisasi Batang Laping ini. Sementara untuk jalan Man Selayang dia akan anggarkan Rp 200 Juta untuk Cor beton jalan tersebut.

Acara Reses anggota DPRD provinsi Sumatera Barat dari dapil 4 di Kantor Camat Ranah Batahan juga dihadiri oleh seluruh Walinagari di Kecamatan Ranah Batahan, Kapolsek Ranah Batahan, Camat Ranah Batahan Syahwirman SH.MM  dan masyarakat setempat. ** Herman

 

.

 

 

 

 

 

 

894 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*