Anggota DPRD Sumbar Asal Pessel Tinjau Abrasi Pantai

Anggota DPRD Sumbar dariDapil 8 saat meninjau salah satu Abrasi Pantai di Pessel
Anggota DPRD Sumbar dariDapil 8 saat meninjau salah satu Abrasi Pantai di Pessel

Padang, Editor.- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daearah (DPRD ) provinsi Sumatera Barat  dapil 8 Pesisir Selatan dan mentawai mengunjungi  beberapa titik abrasi pantai di Pesisir Selatan, , Kamis (5/9/2019). Abarasi tersebut akibat gelombang pasang yang terjadi beberapa hari terakir ini.

Adapan daerah yang dikujungi adalah Kampung Ujung Air Nagari Ampiamg Parak Kecamatan Sutra,  Nagari Lakitan  Kecamatan Lengayang, serta meninjau Maura Air Haji kecamatan Linggo Sari. Kunjungan ini dipimpin oleh koordinator Dapil Muklis Yusuf Abit.

Pada kesempatan ini   Muklis Yususf Abii  anggota DPRD Sumbar dari Fraksi Gerindra mengatakan, dalam waktu  dekat ini pihak DPRD Sumatera Barat akan mencarikan solusi untuk penangulangan sementara abrasi pantai ini dengan mencari sumber sumber dana pembiayaan yang bisa dimanfaatkan. Untuk itu Senin depan pihak DPRD Sumbar akan berkoordinansi dengan pihak pihak terkait agar masalah ini bisa diatasi, karena kondisinya sudah sangat mengkawatirkan mengancam pemukiman masyarakat.

Yusuf Abit  juga menghimbau masyarakat agar tenang dan pihak DPRD Sumbar akan mencarikan solusinya. Ini mungkin tugas utama DPRD Sumbar asal Pesisir Selatan .

Menurut Yusuf, penanaganan Abrasi pantai ini harus dilakukan dilakukan secara berkelanjutan. Melalui kunjungan adalah ini untuk  melihat kondisi bibir pantai  yang terkena abrasi akibat gelombang pasang beberapa hari terakhir ini. Sehinga nantinya bisa dibuat perencanaan untuk penanggulangan secara pemanen.

Sementara itu Anggota DPRD Sumbar Zarfi Deson dari Fraksi Golkar dari dapil 8  daerah pemilihan Pesisiir Selatan dan Mentawai mengatakan, Kabupaten Pesisir Selatan berada pada garis pantai pesisir Barat Sumatera. Hampir sebagian besar Kecamatan berada dipinggir laut, mulai dari kecamatan Koto XI Tarusan sampai ke kecamatan Lunang Silaut. Untuk itu dalam penanganan ini kita harus serius dalam rangka untuk menjaga keselamtan masyarakat kita

Zarfi Deson juga mengatakan penanganan Sungai dan pantai ini tidak bisa separoh separoh. Kalau bisa satu lokasi dituntaskan penanganannya, kalau tidak inilah akibatnya. Untuk itu kedepan pihaknya akan membicarakan dengan pihak terkait untuk penaganan masalah.

Sementara itu Anggota DPRD Sumbar Imral Ede Nangsi  mengatakan,  ini merupakan kunjungan perdana ke daerah pemilihan dengan meninjau abrasi pantai akibat gelombang pasang  belum lama ini.

Sampai sekarang belum ada anggota DPRD yang turun, tapi demi perhatian untuk daerah untuk itu kita turun bersama sama. Untuk masalah pembangunan ini tidak terlepas dari anggaran akan kita coba berkalaborasi bagaiman kesiapan daerah kabupaten Pesisir Selatan.

Kunjungan ini juga  didampingi oleh Dinas PSDA Sumbar, kita berupaya  semaksimal mungkin agar daerah kita Pesisir selatan ini tidak masuk ketegori bencana  kemanusiaan, sebab dulu pernah kejadian di pasir putih yang menelan korban. Jadi untuk antisipasi itu kita anggota DPRD Sumbar dariDapil 8  turun untuk menyikapi apa yang terjadi didaerah kita, katanya.

Hamdanus dari Fraksi PKS dari dapil 8 Pesisir Selatan dan Mentawai juga mengatakan, pihaknya  akan mengawal hasil kunjungan ini dan kita akan berkoordinasi dengan instansi terkait bagaima ini cepat ditangani ,menurut Hadanus sangat beresiko kalau tidak ditangi secara cepat.

Sementara itu Anggota DPRD Sumbar dari Fraksi Demokrat  Ali Tanjung mengatakan, anggota DPRD Sumatera Barat dari dapil 8 ini sekarang ada 7 orang ditambah dengan Anggota DPR RI, akan saling bersinergi bagaimana caranya kedepan supaya permasalahan bencana dan permasalahan pembangunan di Pesisir Selatan segera teratasi.

Angota DPRD  Sumatera Barat dari Dapil  8 Pesisir Selatan dan Mentawai yang melakukan kunjungan kerja meninjau abrasi pantai adalah Muklis Yusuf Abit, Ali Tanjung, Hamdanus, Zarfi Deson dan Imran Ade Nangsi. ** Herman

151 Total Dibaca 3 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*