Anggota DPD RI, Nofi Candra: Kabupaten Solok Butuh Pemimpin yang Enterpreneur

Nofi Candra.
Nofi Candra.

Solok, Editor.- Setiap kepala daerah pasti punya program pembangunan untuk mensejahterakan rakyat dan kemajuan daerah yang dipimpinnya. Dimana hal itu tertuang dalam visi dan misi yang disampaikan pada masa kampanye saat Pemilihan Kepala Daerah dan menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk memilihnya, selain faktor ketokohan, pengalaman, rekam jejak dan hal lainnya.

Namun tanpa mengecilkan arti apa yang telah diperbuat kepala-kepala daerah sebelumnya, khususnya di Kabupaten Solok, masih sangat banyak program yang harus disempurnakan dan direncanakan dengan baik agar bisa terlaksana sebagaimana yang diharapkan. Dalam artian, tidak hanya sebatas retorika dan rencana yang tak terealisasi dengan baik.

Hal tersebut diungkapkan Anggota DPD RI Nofi Candra pada pertemuan singkat dengan Editor di rumahnya, di kawasan Parak Rumbio Kota Solok, Selasa (30/7).

Untuk itu, lanjut Nofi Candra, siapapun yang akan menjadi kepala daerah di Kabupaten Solok masa mendatang, ia harus seorang enterpreneur, punya visi dan misi yang jelas dan perencanaan yang sempurna dari setiap program pembangunan yang akan dilaksanakan, termasuk penempatan kepala SKPD yang akan menjadi ujung tombak pelaksanaan program pembangunan tersebut.

“Dalam hal pembentukan karakter misalnya, kesempurnaan pengembangan dan pembangunan sektor pendidikan adalah kunci utama. Dalam hal ini, selain mata pelajaran wajib, pendidikan agama dan program ekstra kurikuler yang terkait pengenalan budaya lewat pendidikan dan kegiatan kesenian, serta peningkatan ketahanan pisik harus menjadi perhatian serius pengelola pendidikan, terutama dinas dan lembaga terkait,” kata Nofi Candra yang merasa prihatin dengan kondisi peringkat pendidikan pada tingkat Sumatera Barat.

Menurut putra Saniang Baka tersebut, selain masalah pendidikan, sejumlah sektor lainnya juga perlu perencanaan sempurna dan dikelola oleh orang yang ahli dibidangnya agar bisa memberikan kemaslahatan dan kesejahteraan bagi masyarakat Kabupaten Solok. Diantaranya pembangunan infra struktur, pengembangan dan peningkatan sektor pertanian dan pariwisata.

“Peningkatan dan semua sektor tersebut perlu perencanaan yang matang dan orang-orang yang profesional dan punya jaringan luas untuk melaksanakannya, karena membutuhkan biaya besar dan tak cukup hanya mengandalkan APBD semata. Untuk itulah makanya Kabupaten Solok harus membutuhkan pemimpin yang enterpreneur,” kata Nofi Candra. ** Rhian

798 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*