Anduang Colok, 78 Tahun Hidup Tanpa Listrik di Gubuk Tak Layak Huni

Anduang Colok yang tinggal di gubuk tak layak huni di Muaro, Lubuik Selasih, Kab. Solok.
Anduang Colok yang tinggal di gubuk tak layak huni di Muaro, Lubuik Selasih, Kab. Solok.

Lubuk Selasih, Editor.- Anduang Colok (78 tahun) yang kini tinggal di gubuk tak layak huni di Muaro, sekitar 100 meter dari Mapolres Arosuka, Lubuk Selasih, Kab. Solok sangat berharap bantuan pemerintah dan dermawan untuk memperbaiki tempat tinggalnya melaui program “Bedah Rumah”.

Selain gubuk tempat tinggalnya rawan tertimpa longsor dan tanah terban, Anduang Colok juga belum pernah menikmati listrik di kediamannya sejak kecil tersebut. Kini di usia tuanya dia tinggal sendirian dan setiap hari dihantui ketakutan gubuknya tertimpa longsor.

Gubuk tempat tinggal Anduang Colok yang terletak sekitar 100 meter dari Mapolres Arosuka, Lubuk Selasih, Kab. Solok.
Gubuk tempat tinggal Anduang Colok yang terletak sekitar 100 meter dari Mapolres Arosuka, Lubuk Selasih, Kab. Solok.

Menurut Anduang Colok, sudah sering dia didatangi petugas dari Kab. Solok untuk minta keterangan dan mendata rumahnya agar bisa mendapatkan program “Bedah Rumah”. Tapi sampai saat ini tak pernah ada realisasinya.

Atas dasar itulah Karang Taruna dan Pemuda Jorong Lubuk Selasih berupaya secara swadaya mengumpulkan dana untuk menyelamatkan gubuk milik Anduang Colok. Selain itu, untuk sementara memindahkan aliran air yang bisa mengakibatkan gubuk Anduang Colok terban dengan bergotong royong.

“Meski kami terus berupaya mengumpulkan dana untuk memindahkan rumah Anduang Colok ke lokasi yang lebih aman, kami sangat berharap lembaga terkait, seperti Dinas Sosial dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kab. Solok data memberikan program Bedah Rumah untuk Anduang Colok,” kata Roki, Ketua Karang Taruna Jorong Lubuk Selasih ketika ditemui, Selasa (9/1).

Lebih lanjut dijelaskannya, atas usaha pemuda dan Karang Taruna Lubuk Selasih, untuk atap rumah Anduang Colok telah ada dermawan yang akan memberi bantuan dan Ketua DPRD Kab. Solok telah memberikan bantuan sebanyak Rp 300.000.-. Kini direncanakan akan menjalankan les untuk minta bantuan masyarakat agar Anduang Colok bisa tinggal di tempat yang layak huni. ** Rhian

1701 Total Dibaca 5 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*