Andrinof Beri Kuliah Umum di UNP

Penyerahan cplakat UNP seusai kuliah umum.
Penyerahan cplakat UNP seusai kuliah umum.

Padang, Editor.-  Komisaris Utama (Komut) Bank Rakyat Indonesia (BRI) Andrinof A Chaniago jadi dosen tamu pada kuliah umum di Auditorium UNP Padang, Jumat (25/5) sore.

Andrinof memotivasi audiens tentang Kewirausahaan Sosial Menjawab Tantangan Dekade Bonus Demografi dan Era Digital. Menurut Mantan Mentri PPN/Bappenas itu, di masa datang ada dua hal yang akan dihadapi oleh mahasiswa yang sedang kuliah saat ini dalam menghadapi kompetisi yang keras dalam mencari pekerjaan.

“Pertama, tahun 2020 nanti, mereka akan masuk ke dalam keranjang beban demografi yang disebut dengan “bonus demografi”. Saat itu penduduk usia produktif jumlahnya terbesar dalam sejarah. Bonus demografi ini akan berlangsung selama satu dekade, dan akan mencapai puncaknya pada tahun 2030 nanti. Kedua, Revolusi 4.0 atau era digital yang bisa menghapus banyak pekerjaan.,”ujar Andrinof.

Menurut Andrinof, para mahasiswa tidak cukup berpangku tangan. Para lulusan universitas harus meningkatkan produktifitas dan posisi tawar. Anak muda juga harus kreatif dan inovatif serta menyesuaikan diri dengan teknologi. Misalnya memanfaatkan media sosial atau website. “Caranya dengan berwirausaha melalui aset yang dimiliki. Bermodal tidak dengan finansial saja tapi juga memanfaatkan sosial kapital. Bersinergi dengan lembaga keuangan dan pihak-pihak lain untuk mengembangkan usaha, berani mengambil keputusan dan melakukan aksi ketika momentum tiba serta pandai menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi,” ujar Andrinof memberikan tips.

Sebelumnya Rektor UNP, Prof Ganefri membuka kuliah umum ini sekaligus penyerahan plakat UNP kepada Andrianof dari Prof Ganefri. ** Agusmardi/Humas UNP

656 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*