Amran, SE. MM, Pemprov Sumbar Apresiasi Media Seni Tradisional 




Padang, Editor.- Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengapresiasi upaya pelestarian media seni tradisional melalui berbagai ajang lomba atau kegiatan lainnya di daerah ini. Sebab, media seni tradisional selain merupakan media hiburan dan promosi, juga sebagai media komunikasi yang efektif dalam menyampaikan pesan-pesan pembangunan kepada masyarakat.

Oleh karena itu, Pemprov Sumbar mendorong upaya pelestarian media seni tradisional ini dengan memberikan bantuan moral maupun materil setiap tahunnya. Sebab media seni tradisional ini dinilai sebagai media komunikasi yang ampuh dalam menyampaikan pesan-pesan pembangunan kepada masyarakat,” kata Kepala Dinas Perhubungan dan Komunikasi Informatika (Dishub Komimfo) Sumbar, Amran, SE. MM di Padang, Selasa (6/9).

Amran yang didampingi Kabid Komimfo Nurfitriman, mengungkapkan hal itu kepada wartawan usai membuka kegiatan pemilihan  (lomba) media seni tradisional tingkat Provinsi Sumatera Barat di komplek istana gubernur Sumbar. Lomba (pemilihan) media seni traisional ini diikuti oleh 16 dari 19 utusan kabupaten/kota di Sumbar dan akan berlangsung hingga Rabu (7/9).

Lebih jauh, Amran menyebutkan dalam menjalankan misinya, pesan yang disampaikan media seni tradisional mengandung pesan moral dan informasi pendidikan lainnya. Karena itu, upaya pelestariannya tak cukup hanya oleh pemerintah semata, melainkan juga oleh segenap lapisan masyarakat.

“Peran masyarakat juga sangat dibutuhkan dalam meningkatkan, menjaga dan melestarikan media seni tradisional yang lahir dan tumbuh di masyarakat itu sendiri. Apalagi, media seni tradisional itu berkaitan erat dengan adat dan budaya masyarakatnya.Jadi, tanggung jawab untuk pelestarian media seni tradisional ini merupakan tanggungjawab bersama pemerintah dengan masyarakat,” ujar Amran.

Sementara itu, Nurfitriman menyebutkan peserta yang keluar sebagai juara tak hanya akan mendapatkan hadiah uang tunai Rp.20 juta untuk juara I, Rp.10 juta juara III dan Rp.5 juta juara III. Tapi juga akan diikutkan dalam lomba tingkat nasional di Tenggarong, Kutai Kartanegara, bulan depan.

“Pada  lomba tahun lalu, Sumbar mengutus tim media seni tradisional dari kota Padang Panjang, dan berhasil keluar sebagai juara kedua tingkat nasional. Mudah=mudahan untuk lomba tingkat nasional nanti, Sumbar dapat meraih posisi lebih baik lagi,” pinta Nurfitriman.  ** Martawin 

 

 

742 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
WhatsAppFacebookTwitterYahoo MailLineGoogle GmailEmailYahoo BookmarksShare

Komentar

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*