Alat Cuci Darah di RSUD BatusangkarMulai Dioperasikan

Pelayanan cuci darah di RSUD Batusangkar.
Pelayanan cuci darah di RSUD Batusangkar.

Batusangkar, Editor.- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M.Ali Hanafiah Batusangkar telah mengoperasikan Unit Cuci Darah  yang dilauncing pada hari Selasa (3/4) dan dihadiri oleh Kepala Dinas Dinas Kesehjatan Provinsi Sumatera Barat.Hj. Merry, Bupati Tanah Datar yang diwakili oleh  Asisten I Mukhlis.

Kepala RSUD M.Ali Hanafiah Batusangkar Afrizal Hasan menjelaskan, dalam rangka meningkatkan pelayan kepada pasien Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M. Ali Hanafiah Batusangkar telah menyediakan unit cuci darah Hemodialisa.

Pasien yang butuh cuci darah khususnya yang berada di kawasan Tanah Datar tidak perlu repot-repot lagi untuk pergi jauh-jauh mencuci darah.  Dengan adanya unit pelayanan cuci darah ini di Batusangkar, dapat membantu para pasien yang membutuhkan cuci darah. Terutama membantu dalam persoalan biaya dan waktu.

“Jadi, nantinya semua pasien yang memerlukan alat ini akan kita susun jadwalnya. Untuk satu kali cuci darah, kita dapat melayani delapan orang sesuai dengan mesin yang ada. Bagi pasien yang butuh cuci darah, kegunaan mesin ini sangat penting, karena cuci darah tantangannya adalah nyawa. Terlambat dapat penanganan maka akibatnya sangat fatal,

Untuk  daerah  Tanah Datar sendiri , pasien cuci darah cukup banyak “Dari data yang kita terima, setidaknya ada delapan puluh lebih pasien cuci darah. Dan setiap tahunnya terjadi peningkatan tiga hingga enam orang. Biasanya orang yang melakukan cuci darah adalah penderita sakit ginjal,” ujar  Afrizal Hasan.

Ditambahkan Afrizal, penyakit ginjal muncul disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat, termasuk merokok. Penyakit ini bisa dihindari dengan mengatur pola makan yang sehat, dan tidak merokok. Terutama kita masyarakat Minangkabau memiliki makanan yang enak namun banyak resikonya,maka untuk itu, kita  mengimbau agar masyarakat pada umumnya untuk menjaga kesehatan baik pola makan maupun pola hidup sehat.

“Kita disini juga telah mempersiapkan unit cuci darah  dengan tim ahlinya. Kita berharap agar masyarakat yang butuh cuci darah dapat tertampung di sini, jadi mereka tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak dan juga waktu  yang panjang bagi  warga Tanah Datar,” ujar Afrizal.

Selanjutnya Afrizal menjelaskan, Unit Pelayanan Hemodialisa tersebut, merupakan perwujudan dari Kerjasama Operasional (KSO) RSUD M. Ali Hanafiah bersama PT. Mitra Prima Medikal (MPM) yang sudah digagas sejak tahun lalu. Persiapan selama sepuluh bulan tersebut akhirnya dapat terwujud setelah seluruh perizinan keluar.katanya

Pada kesempatan tersebut Direktur PT MPM Muhammad Lutfi yang  didampingi oleh  CEO Zulkifli Ismail dan Vendor MPM Zaldi menyatakan, pelayanan unit Hemodialisa itu dikhususkan bagi pasien cuci darah yang ada di Tanahdatar .

Ditambahkannya .Mesin ini ada  sepuluh unit mesin yang digunakan  atau dioperasikan hanya sebanyak delapan unit sedangkan yang dua lagi disiapkan untuk cadangan  jika seandainya ada mesin yang rusa . mesin-mesin tersebut dapat berfungsi dua kali shift dalam satu hari. Satu shift menghabiskan waktu untuk cuci darah pasien selama lima jam. Jika dua shift maka akan memakan waktu selama sepuluh jam.

Kerjasama antara PT MPM denan RSUD Ali Hanafiah akan berlangsung selama enam tahun ke depan. Nantinya setelah kontrak kita berakhir, mesin-mesin ini akan menjadi miliki rumah sakit. Namun, mesin ini optimalnya hanya akan bertahan selama 12 tahun, setelah itu harus diremajakan lagi, atau diganti baru.

Dalam pewngoperasikan mesin ini kita telah siapkan  tenaga ahli khusus unit cuci darah,yang mana telah ada perawat ahli yang telah dilatih selama tiga bulan di RS Habibie Bandung. Kemudian juga ada dokter spesialis, dokter umum yang semuanya telah memiliki sertifikat.

“PT MPM  untuk Sumatera Barat telah bekerjasama  dengan beberapa rumah sakit lainnya, seperti RSUD Arosuka dan RSUD painan,” tukasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat Merry Yuliesday dalam arahaannya  meminta agar semua pihak saling berkoordinasi agar komunikasi  guna  terjalin hubungan  yang baik.yang berguna untuk memuaskan pelayanan terhadap pasein-pasein yang membutuhkan pelayanan cuci darah,harap Merry

Sementara Bupati Tanah Datar diwakili Asisten I Tanah Datar Mukhlis mengatakan, dengan keberadaan unit cuci darah ini diharapkan pelayanan RSUD Ali Hanfiah dapat dimaksimalkan.

“Cuci darah ini nyawa tantangannya, jika terlambat sedikit saja, nyawa bisa melayang. Maka dari itu, berikanlah pelayanan terbaik bagi pasien,pekerjaan yang kita laksanakan bukan   hanya sekedar profesi saja  namun juga merupakan  amal ibadah bagi kita. Harap Mukhlis ** Jum

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*