Akibat Longsor, Akses Jalan ke Maek Terputus Sembilan Jam

Pembersihan jalan yang tertimbun longsor.
Pembersihan jalan yang tertimbun longsor.

Limopuluah Kota, Editor.- Jalan yang menghuhungkan nagari Maek dengan andiang Kecamatan Bukik Barisan Kabupaten Limopuluah Kota longsor sepanjang 6 meter dengan lebar 5 meter dan ketinggian 2 sampai  3 meter. Akibat longsor ini menutup akses jalan dari Maek menuju Ibu Kecamatan dan pusat Kabupaten di Sarilamak dan Sebaliknya.

Kepala BPBD Limopulyah Kota, Joni Amir S.Sos kepada Editor mengatakan, menurut laporan yang diterimanya longsor terjadi pukul 1.30 dini hari Minggu (27/5), begitu menerima laporan tim reaksi cepat BPBD Limopuluah Kora langsur turun ke TKP atau lokasi longsor dan melakukan koordinasi dengan unsur unsur yang terlibat menangani bencana longsor ini,ujar mantan Kabag.Humas Limopukuah Kota itu.

Dengan reaksi gerak cepat, pukul 6.00 Minggu pagi personil BPBD telah mulai turun ke lojasi melakukan evakuasi matrial longsor agar kendraan roda 2 dan 4 bisa lewat. Pukul 10 bantuan alat berat dari PUPR Kabupaten Limopuluah kota sudah sampai di lokasi longsor dan langsung melakukan evakuasi matrial yang menimbuni badan jalan.

Tidak memakan waktu lama alat berat dari PUPR itu berhasil membersihkan matrial longsor yang menimbuni jalan .

Namun Nagari Maek penghasil gambir itu sempat terisolasi sekitar 9 jam dari terjadinya longsor sampai selesai pembersihan matrial longsor oleh alat berat PUPR. Pukul 10.30 arus lalulintas sudah lancar kembali,terang Joni Amir.

Menurut Joni Amir, diduga longsor ini terjadi akibat intensitas hujan yang tinggi sepanjang hari Sabtu (26/5) terutama dari siang sampai malamnya,sementara tanah sepanjang bukitbarisan yang dilalui jalan menuju ke nagari yang punya seribu menhir itu sangat labil dan rawan longsor,untuk itu kita telah kirim Laporan ke BNPB pusat.

Tingginya intensitas hujan dan banyak daerah yang rawan longsor  di kabupaten lima puluh kota, kita mengharapkan bantuan 1 unit alat berat dari BNPB pusat,tambah Joni Amir. ** Yus

571 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*