Agussalim Lambong Tak Menolak, Bantuan Alsintan Harus Sesuai Usulan PPL

Agussalim.
Agussalim.

Luwu Utara, Editor. – Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Luwu Utara, Agussalim Lambong mengaku, tak menolak untuk menandatangi usulan untuk pembagian Traktor untuk Kelompok Tani.

Tapi program dari Kementerian Pertanian yang kebetulan diusulkan oleh anggota DPR-RI Luthfi Mutty sebut Agus, harus diverifikasi oleh Penyuluh Pertanian Lapangan(PPL), hasilnya Kelompok Tani yang diusulkan itu dianggap tidak tepat karena selain sudah pernah mendapat traktor dari pemerintah, juga ada  kelembagaannya tidak jelas.

“Tidak benar saya menolak menandatangani proposal,” bantahnya.

Pemerintah Daerah, tutur Agus Lambong malah bersyukur dan berterimah kasih  apabila ada anggota DPR RI memperhatikan Luwu Utara kemudian menjembatani ke Kementerian untuk mendapatkan bantuan, namun Agus berharap agar berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah apabila ada bantuan pusat supaya Pemda melakukan verifikasi Kelompok Tani yang layak menerima bantuan.

“Pemda sangat bersyukur dan berterima kasih, tapi mekanisme tidak seperti itu, yang tahu Kelompok Tani mana yang layak dapat bantuan, mana yang tidak adalah Pemerintah Daerah. Bukan   mereka yang menentukan penerima bantuan ke Kelompok Tani, nanti jadinya  ada yang dobel,” ucap Agus.

Usulan dari pusat seperti ini juga lanjut Agus, minimal Sekda yang menyetujui, karena melibatkan beberapan Intansi diantaranya Dinas TPHP dan Dinas Ketahanan Pangan karena PPL berada di Dinas itu.

“Jadi seperti itu sebenarnya kejadiannya, janganki  berpikiran negatif,  dan jangan dibawa-bawah ke politik, penyaluran bantuan baik dari pusat maupun daerah ada mekanismennya, “jelasnya.

Sebelumnya Anggota Komisi IV DPR RI Muchtar Luthfi Mutty  mendapat laporan kalau Kadis Pertanian Luwu Utara Agussalim Lambong belum menandatangani proposal usulan bantuan dari kelompok tani yang sudah beberapa bulan di mejanya.

Luhtfi menilai Kadis TPHP  Agussalim Lambong tidak paham fungsinya sebagai pejabat yang secara fungsional paling bertanggung jawab atas peningkatan kesejahteraan petani. ** Rasyid

155 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
WhatsAppFacebookTwitterYahoo MailLineGoogle GmailEmailYahoo BookmarksShare

Komentar

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*