DPRD Kab. Solok Gelar Rapat Paripurna Penyampaian Hasil Pembahasan Rancangan Awal RPJMD Kab. Solok Tahun 2021-2026

Rapat paripurna DPRD Kab. Solok.
Rapat paripurna DPRD Kab. Solok.

Arosuka, Editor.- DPRD Kabupaten Solok menggelar rapat paripurna dalam rangka penyampaian laporan hasil pembahasan rancangan awal RPJMD dan penandatanganan nota kesepakatan rencana awal RPJMD Kab. Solok Tahun 2021-2026, bertempat di Ruang Rapat Utama DPRD Kab. Solok, Jum’at (11/6/ 2021).

Hadir pada rapat tersebut Bupati Solok H. Epyardi Asda, Wakil Ketua DPRD  Ivoni Munir dan Lucki Efendi  beserta anggota DPRD kab. Solok, Plh Sekda Kab. Solok  Edisar, Sekwan Kab. Solok Mulyadi Marcos, Kapolsek Talang, SKPD Lingkup Pemda Kab Solok dan Camat se-kabupaten Solok.

Pada kesempatan Pansus I Etranedi, S.Kep saat menyampaikan laporan hasil pembahasan rancangan awal RPJMD mengatakan, rancangan awal RPJMD Kab. Solok tahun 2021-2026 harus selaras dengan RPJPD Kab. Solok, RPJMD Prov. Sumatera Barat dan Rencana pembangunan Nasional.

Rancangan awal RPJMD Kab Solok juga harus merencanakan program dan kegiatan sebagai upaya peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat. Rancangan awal RPJMD Kab Solok Tahun 2021-2026 juga harus fokus kepada program dan kegiatan peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan dan upaya peningkatan pendapatan asli daerah.

Dan rancangan awal RPJMD Kab. Solok tahun 2021-2026 harus mampu menciptakan pemerataan dan peningkatan infrastruktur yang berkeadilan, menjamin terciptanya kehidupan bermasyarakat yang kondusif sesuai dengan filosofi “ adat basandi syara’, syara’ basandi kitabullah “.

Kemudian dalam rancangan awal RPJMD itu nantinya juga harus merencanakan strategi pengelolaan pemerintahan yang baik, bersih, transparant, mengayomi dan melayani.

“Agar nota kesepakatan antara pemerintah daerah Kab. Solok dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kab. Solok tentang rancangan awal RPJMD menjadi dasar untuk penyusunan Ranperda RPJMD tahun 2021-2026,” kata Etranedi.

Sementara itu Yetty Aswaty yang membacakan laporan hasil pembahasan Pansus II terhadap rancangan awal RPJMD menyampaikan, pada hakekatnya pansus II DPRD Kab. Solok dan tim penyusun RPJMD awal Kab. Solok tahun 2021-2026 telah sepakat dan setuju untuk melanjutkan pembahasan RPJMD ketahap selanjutnya.

Di sisi lain, dalam laporan hasil pembahasan Pansus III terhadap rancangan awal RPJMD yang dibacakan Mulyadi menyatakan, sebelum menyampaikan hasil pembahasan terlebih dahulu disajikan kerangka pembangunan Kab. Solok 2021-2026 oleh tim ahli penyusun RPJMD dari perguruan tinggi, dimana Kabupaten Solok pada tahun 2020 memang berada pada posisi yang memprihatinkan dengan data sebagai berikut; Pertumbuhan Ekonomi minus 1,12% ( No 4 di Sumbar), PDRB perkapita sebesar Rp. 26,07 Juta ( No 14 di Sumbar), Tingkat kemiskinan 7,81% (No 2 di Sumbar), Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebesar 69,08 ( No 14 di Sumbar), Pengangguran sebesar 4,65% (No 16 di Sumbar).

Dari hasil pembahasan Pansus III dengan tim ahli penyusun RPJMD, dan tim penyusun RPJMD Kab. Solok serta OPD terkait terhadap rancangan awal RPJMD kab. Solok 2021-2026, pada prinsipnya Pansus III dapat menyetujui rancangan awal RPJMD Kab. Solok dengan catatan untuk perbaikan. Diantaranya, perlu pengkajian ulang terhadap target awal ( base line ) disetiap indikator kinerja penyelenggaran pemerintah daerah tahun 2021-2026.

Perlu pengkajian ulang terhadap indikator kinerja program ( outcome ) disetiap program pada bidang urusan pemerintahan dan program prioritas pembangunan seperti yang ditemukan pada program perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah dimana indikaor kinerja programnya, persentase penjabaran program RPJMD kedalam RKPD disarankan persentase program RPJMD yang diserap kedalam APBD.

“Kepada pemda melalui tim penyusun dan OPD terkait untuk memberikan data yang valid dan real untuk dapat dipertanggung jawabkan terkait kondisi real infrastruktur dan lainny, sebagai acuan awal RPJMD,” kata Mulyadi. ** Tiara/Hms

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*