Setelah Dilantik, Bupati Eka Putra dan Wabup Richi Aprian Diserahkan Kepada LKKAM Tanah Datar

Pelepasan bupati dan wabup Tanah Datar secara adat.
Pelepasan bupati dan wabup Tanah Datar secara adat.

Batusangkar, Editor.-   Bupati Eka Putra SE dan Wabup Richi Aprian SH MH, dilepas oleh ninik mamak beserta bundo kandung dari Lintau IX  Koto dan nagari Rao Rao, Kecamatan Sungai Tarab, dalam prosesi Adat, ” Tibo bananti, Datang baanta ” yang di gelar di Gazebo Indo Jolito Batu Sangkar, Sabtu pagi, 27/2.2021. Kedua pimpinan daerah Tanah Datar ini di serahkan secara Adat kepada LKAAM Tanah Datar.

Bupati Eka Putra SE sebagai anak kemenakan Lintau IX  koto, berangkat bersama ninik mamak dan bundo kandung selepas dari rumah Gadang Bandaro Putiah di Jorong Tanjung Tengah Nagari Tanjung Bonai, Kecamatan Lintau Buo Utara.

Sementara Wabup Richi Aprian SH MH, anak kemenakan Nagari Rao Rao Kecamatan Sungai Tarab, berangkat dari Masjid Rao Rao. Di kedua tempat, terlebih dulu di gelar doa bersama, memohon pada Allah Swt, agar keduanya bisa menjalankan amanah dan menjadi pemimpin yang senantiasa di berkahi kesehatan , kekuatan dalam menjalankan tugas dan pengabdian yang mulia.

Bupati Eka Putra didampingi istri Ny Lise Eka Putra, dan Wabup Richi Aprian di dampingi Ny Patty Richi Aprian  dengan menggunakan pakaian tradisional Minangkabau.

Bupati Eka Putra dalam sambutannya menyatakan.  sangat menyambut baik terselenggaranya prosesi adat ini

“Terima kasih kepada LKAAM Tanah Datar dan Pemerintah Daerah. Kegiatan ini punya nilai dan makna yang dalam. Kami bersama istri sudah diserahkan kepada ninik mamak di Kabupaten, untuk itu mohon kiranya ninik mamak, bundo kandung, alim ulama, cerdik pandai dapat membimbing kami ,mengingatkan kami dalam menjalankan amanah yang berat ini,” ungkap bupati. .

Lebih lanjut Bupati Eka Putra mengajak masyarakat untuk terus memupuk jiwa kebersamaan, gotong royong, bersama sama untuk kemaslahatan bersama untuk membangun Tanah Datar,  Barek samo dipikul, ringan samo dijinjiang.

Ancaman serius sedang di hadapi masyarakat saat ini, sebut Bupati, adalah bahaya narkoba, pergaulan bebas, judi, maksiat.

“Tidak cukup menjadi tugas pemerintah daerah dan kepolisian ,tapi masyarakat juga ikut berperan serta. Kita khawatir dengan ancaman generasi muda yang akan datang dari degradasi moral dan akhlak, untuk itu mari bersama sama mengawasi dan Mengawal ini, ” ajaknya..

Wakil Bupati Richi Aprian, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas dukungan serta memperkenalkan diri dan keluarga.

“Adat bersandikan Sya ‘ra – Sya’ra bersandikan kitabullah, hendaknya sudah menjadi Identitas masyarakat Tanah Datar Luhak Nan Tuo, tidak sebatas slogan. Kegiatan prosesi adat ini adalah salah satu bentuk upaya melestarikan nilai nilai nilai adat dan budaya,” ungkap Wabup..

Kedepannya, lanjut Wabup, sesuai janji kampanye kami bersama bupati, kita akan selalu bersinergi dengan ninik mamak dan bunda kandung membangun Luhak Nan Tuo, sejalan dengan itu anggaran LKAAM perlu di tingkatkan. . .

Sebelumnya sekretaris LKAAM Tanah Datar Hardi Siswan DT. Marah Bangso mengajak seluruh lapisan masyarakat Tanah Datar kembali bersatu padu untuk bersama membangun Tanah Datar yang kita cintai,

“Biduaklah lalu ,kiambang batauik. Pilkada telah usai, mari kembali bersatu padu memajukan Tanah Datar, ” ungkap Sekretaris LKAAM..

Tertompang doa dan harapan, agar Bupati Eka Putra dan Wabup Richi Aprian selalu di karunia kesehatan, di berikan kelancaran dalam menjalankan tugas mulia ini,

“Kami doakan Bupati Eka Putra dan Wabup selalu Kompak, Harmonis, seia sekata dalam menjalankan Amanah ke depannya, ” ungkap Datuk Marah Bangso. .

Turut hadir dalam acara ini Sekretaris Daerah Irwandi Sip. Msi, jajaran LKAAM Tanah Datar  ,Bundo Kandung Tanah Datar, pejabat di lingkungan Pemkab Tanah Datar dan undangan lainnya. ** John Denis. 

 

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*