Gubernur Irwan Prayitnno, Rendang Berperan Penting Dalam Majukan UMKM Kuliner Sumbar

Irwan Prayitno saat menjadi narasumber webinar tentang redang.
Irwan Prayitno saat menjadi narasumber webinar tentang redang.

Padang, Editor.- Rendang pada versi CNN sudah mendunia dan sudah dua kali dalam waktu yang berbeda pada tahun 2011 dinobatkan sebagai hidangan yang menduduki peringkat pertama di daftar World’s 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) diversi CNN International.

Hal ini disampaikan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno saat menjadi Narasumber dalam rangka Konferensi Nasional (National Conference) “Dunia Rendang Yang Mendunia”, Menjadikan Percontohan Nasional dan Mensejahterakan Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk masyarakat Minang secara umum di Indonesia, di Rumah Dinas Gubernuran Minggu, (9/8/2020).

Gubernur Sumbar juga mengatakan, pada tahun 2018 rendang secara resmi ditetapkan sebagai salah satu dari lima hidangan nasional Indonesia dan di negara-negara Asia Tenggara, seperti Malaysia, Singapura, Brunei, Filipina dan Thailand.

“Di Minangkabau, rendang disajikan di berbagai upacara adat dan perhelatan istimewa. Meskipun rendang merupakan masakan tradisional Minangkabau, teknik memasak serta pilihan dan penggunaan bumbu rendang berbeda-beda menurut daerah. Jadi rendang suatu anugrah yang merupakan keberuntungan bagi masyarakat Minang karena masakan nenek moyangnya diterima oleh rasa di dunia yang sudah CNN, bahkan dikenal sebagai masakan yang terlezat,” ujar Irwan Prayitno.

Menurut Irwan Prayitno,  rending ini merupakan anugerah Tuhan kepada masyarakat Minang telah diberikan suatu makanan turun-temurun dari nenek moyang yang luar biasa. Oleh karena itu perlu dijaga, dipelihara dan mempromosikan agar dapat meningkatkan peran rendang yang bernilai sosial, adat budaya dan juga jadi bisnis ekonomi bagi pelaku UMKM untuk kepentingan kedepan. Sehingga Rendang jadi bisnis menguntungkan untuk para pelaku usaha yang jelas dampak ekonominya cukup tinggi.

“Selain enak rendang juga mempunyai asupan gizi yang banyak dan manfaatnya dapat mensejahterakan ekonomi masyarakat juga mengurangi kemiskinan tentu UMKM sangat terbantu,” jelas Irwan. ** Zardi/Hms

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*