Di Era Covid-19, Hasil Produksi Pertanian Pessel Maksimal

Areal persawahan di Pesisir Selatan.
Areal persawahan di Pesisir Selatan.

Painan, Editor.- Pada akhir pekan lalu, Sabtu (6/6/2020), Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPHP) Pesisir Selatan Nuzirwan N Chaniago menyampaikan apresiasi dan rasa senangnya karena produktivitas padi meningkat

“Meski wabah Corona melanda, sektor pertanian, khususnyanya persawahan yang selalu jadi perhatian Bupati Hendrajoni produktivitasnya meningkat,” ujar Kadis TPHP Pessel, Nuzirwan, Sabtu (6/6).

Lebih lanjut Nuzirwan memaparkan, padi adalah tanaman pokok yang budidaya dan produksinya harus menjadi komitmen semua stakeholder agar bisa terpenuhi dan berdaulat. Hal itu ditegaskan Menteri Pertanian Republik Indonesia Syahrul Yasin Limpo bahwa bahan pangan pokok harus tersedia dan berdaulat terutama untuk menghadapi kondisi pasca pandemi Covid-19 ini.

Di seluruh wilayah Kabupaten Pessel aktivitas budidaya tanaman pangan pokok dan hortikultura terlaksana dengan baik. Para petani, kelompok tani dan gabungan kelompok tani serta Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) bersama Koordinator BPP/BPK telah maksimal memacu kinerja masing-masing.

Sementara itu dalam menghadapi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) beberapa waktu lalu, Kadis TPHP menghimbau para petani, kelompok tani dan gabungan kelompok tani agar tetap mentaati ketentuan yang berlaku. Jaga jarak (physical distancing), aktivitas di rumah (stay at home), gunakan masker dalam aktivitas di luar rumah dan jaga kebersihan diri dan lingkungan.

“Syukurlah saat ini sudah mau masuk kondisi New Normal kembali. Mudah-mudahan situasi New Normal semangat petani juga kembali bercocok tanam kembali,’ imbuhnya. ** Agusmardi

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*