Pulang Dari Zona Merah 61 Orang Pejabat dan ASN di Solsel Uji Swab

Petugas Swab Tes.
Petugas Swab Tes.

Solok Selatan, Editor.-  61 orang Aparatur Sipil Negara (ASN), pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), petugas lapangan, TNI dan Polri di Solsel, terpaksa harus dilakukan pengambilan sampel Swabnya. Sebab, selama lebaran mereka berada di daerah yang sudah ditetapkan sebagai zona merah.

“Pengambilan sampel swab tersebut berdasarkan intruksi Plt Bupati Solsel, Abdul Rahman, untuk memastikan apakah masih ada yang terkontaminasi penularan wabah virus corona selama lebaran di daerah zona merah seperti Padang, Pesisir Selatan, dan lainnya,” jelas, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Solok Selatan, Novirman, Jumat (29/5) di Padang Aro.

Ke 61 sampel swab yang diambil Jumat pagi hingga sore, katanya, sudah dikirim untuk di uji di Laboraturium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) Padang.

Bahkan kepada Kepala OPD, ASN, TNI, Polri dan Petugas Lapangan lainnya yang telah melakukan perjalanan ke daerah terdampak atau zona merah.  Termasuk bagi mereka yang menjalankan tugas bersentuhan dengan orang banyak. Bersedia diambil sampel swabnya.

“Yang hadir hari ini, mau melakukan uji swab. Demi rasa aman pada diri sendiri dan keluarga. Termasuk orang banyak,” terangnya.

Pengambilan sampel Swab tersebut, dilakukan guna mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 di Solok Selatan. Pengujian Swab ini tidak saja dilakukan bagi mereka yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) saja.

“Orang yang melakukan perjalanan ke daerah zona merah, juga perlu dilakukan uji Swab. Kita tidak ingin ada penambahan kasus covid baru di Solsel, seperti hal yang disampaikan Plt Bupati,” terangnya.

Dengan imun atau kekebalan tubuh dimiliki ASN, Kepala OPD, TNI, Polri dan Petugas Lapangan tinggi, bisa saja menjadi carier atau Orang Tanpa Gejala (OTG) yang bisa menjadi media penghantar virus Covid-19 kepada orang lain.

Sebelum terjadi, maka perlu diantisipasi terlebih dahulu dalam masa perpanjangan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga 7 Juni 2020 di Solsel.

“Maka perlu memutus mata rantai penyebaran Covid-19 melalui pengujian Swab terhadap mereka yang telah melakukan perjalanan ke daerah zona merah,” pungkasnya.

Hari ini jelas Novirman,  baru 61 orang yang dilakukan pengambilan sampel Swab. Namun, diperkirakan masih ada tambahan dari beberapa OPD yang akan dilakukan pengambilan sampel Swabnya dihari berikutnya, termasuk beberapa kepala OPD yang belum hadir saat ini.

“Dari 61 orang yang diambil sampel Swabnya, 51 orang diantaranya berjenis kelamin laki-laki dan 10 orang lainnya merupakan perempuan,” bebernya.

Meskipun telah dilakukan pengambilan sampel Swab, tapi diharapkan Novirman mudahn saja hasil dari pemeriksanaan laboraturium nanti tidak ditemukan penambahan hasil terinfeksi positif Covid-19 di Solok Selatan.

“Kita dan masyarakat Solsel tentunya berharap tidak ada lagi penambahan yang terinfeksi covid 19,” bebernya. ** Natales Idra

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*