Ketum DPW dan Pengurus Gebu Minang DKI Jakarta Dikukuhkan

Pengurus DPW GM DKI.
Pengurus DPW GM DKI.

Jakarta, Editor .- Gerakan Ekonomi dan Budaya Minangkabau (Gebu Minang) DPW DKI dengan Ketum terpilih Irjen Pol (p) Drs. Syahfrizal Ahiar SH, MH. Dikukuhkan dan dilantik pada, Jum’at  (14/02/2020) di gedung Balai Tetap Setia Polri Pejaten Barat Pasar Minggu Jakarta Selatan.

Pelantikan ketua umum terpilih periode 2020 -2025 ini dikukuhkan oleh Ketua Umum DPP Gebu Minang DR.H. Oesman Sapta Datuak Bandaro Sutan Nan Kayo yang juga dihadiri Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit , Sesepuh Gebu Minang  Azwar Anas, dan beberapa petinggi Minang dan undangan lainya.

Acara pelantikan malam tersebut cukup meriah,  beberapa DPW  dari daerah lain hadir, diantaranya dari Proinsi Aceh, Eumatera Barat, Jawa Timur turut serta menyaksikan pengukuhan dan pelantikan ini. Selain itu hadir juga para Ninik Mamak, Alim Ulama,Tokoh Masyarakat, Cerdik Pandai dan Bundo Kanduang serta urang Sumando serta perantau minang di DKI lainnya.

Wakil Gubernur Sumatera Barat, H. Nasrul Abit dalam sambutan pidatonya menyampaikan selamat atas pelantikan Ketua DPW DKI dan juga menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiranya Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno karena ada tugas yang tidak bisa ditinggalkan.

” Gerakan Ekonomi dan Budaya Minangkabau yang pada awalnya di sebut Gerakan Seribu Minang (Gebu Minang) merupakan wadah persatuan masyarakat Minang dirantau. Salah satu misi Gebu Minang adalah membangun ekonomi masyarakat perantauan maupun masyarakat yang ada di kampung halaman,” sebut Nasrul Abit.

Nasrul Abit juga menyebutkan, banyak hal-hal telah terbukti bantuan dari Gebu Minang untuk Sumatera Barat dalam pembangunan kampung halaman dan kepedulian  terhadap masalah sosial dan ekonomi masyarakat Minang.

“Gebu Minang telah memberikan kontribusi pelakasanan pembangunan di Sumbar, baik itu berupa bantuan moril dan materil. Ketika masyarakat kita yang berada di wamena mengalami korban konflik sosial. Saat itu Gebu Minang meyumbang 1 Milyar untuk biaya kepulangan dan rehabiltas masyarakat terdampak,” Ujar Nasrul Abit

Dalam kesempatan tersebut Wagub Sumbar juga menyampaikan bahwa tahun 2020 ini Sumatera Barat akan diselenggarakan berbagai Event Nasional yaitu Hari Keluarga Nasional, Penas Tani XVI, dan MTQ XVIII Nasional.

“Ada banyak event nasional yang akan diselenggarakan di Sumbar, oleh karena itu kita mengajak seluruh elemen dan masyarakat Minang yang berada di rantau maupun di kampung halaman agar dapat saling bahu membahu untuk mensukseskan acara Nasional itu, ” Basamo Mangko Manjadi, saciok Ba Ayam, Sadantiang Ba Basi”, ajak Nasrul Abit.

Diakhir acara Wakil Gubernur Sumatera Barat, atas nama pemerintah dan masyarakat Sumbar, memberikan apresiasi dan plakat Penghargaan untuk semua kegiatan kepedulian Gebu Minang mendukung dan mendorong pelaksanaan pembangunan perekonomian masyarakat di Sumbar. Penghargaan ini di terima langsung oleh ketua DPP Gebu Minang, Oesman Sapta. ZS/MR.

Di pengujung acara, hadirin dihibur oleh permainan KIM. Permianan Musik dan lagukhas Minang dengan  bertabur hadian tersebut  disambut antusias pengunjung yang hadir. Pengunjung dan undangan terlihat bergembira dan merasa puas. ** Wisja

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*