8 Tenaga Medis Dan 1 Orang Anak di Tanah Datar,  Terpapar Covid-19

Roza Marlina.
Roza Marlina.

Batusangkar, Editor.- Dalam waktu hanya dua hari, Minggu 9 Agustus 2020 dan Senin 20 Agustus 2020 sebanyak 9 orang terkonfirmasi positif Covid -19, terdiri dari 8 orang tenaga medis di Puskesmas Lima Kaum I dan satu orang remaja anak dari tenaga medis yang bertugas di puskesmas Lima kaum tersebut.

Hal itu diungkapkan Roza Marlina Kabid P2P Dinas Kesehatan Tanah Datar Roza Marlina ,  di kantornya, Senin (20/8).

Selanjutnya dijelaskan, pada minggu sore, warga Tanah Datar terkonfirmasi positif Covid 19 sebanyak 8 orang. yang terkonfirmasi 7 orang tenaga medis  dan 1 orang  anak dari tenaga medis.Pada  pagi hari  ini, bertambah satu lagi yang juga tenaga medis Puskesmas Lima Kaum I.

Penyebab terkontaminasinya tenaga medis tersebut  sampai saat ini  belum diketahui asal mulanya penularan Covid 19 dilingkungan Puskesmas itu. Meskipun belum diketahui Dinkes Tanah Datar   saat ini terus melakukan tracing terhadap masyarakat yang memiliki riwayat kontak dengan pasien.

Data Dinkes Tanah Datar  mencatat dari kemaren sore hingga malam Senin baru ditemukan sebanyak 82 orang yang melakukan kontak dengan tenaga medis terkonfermasi C0vid -19 dan kepada mereka  akan dilakukan pengambilan sampel swab secara bertahap.

Kita belum mengetahui asal mula penularan, karena Tanah Datar sebelumnya sudah masuk zona hijau dan  tidak ada yang positif. Maka kemarin sore kita dikejutkan dengan penambahan kasus ini dan sangat kita sayangkan

Kemungkinan  angka riwayat kontak pasien dengan masyarakat akan terus bertambah. Hal ini dikarenakan  operasional layanan kesehatan Puskesmas Lima Kaum I sangat luas bukan hanya masyarakat kecamatan Lima Kuam tetapi dari berbagai kecamatan tetangga.Untuk itu bagi masyarakat datang berobat dan kontak dengan 8 orang tenaga medis tersebut agar mau diambil sampel swabnya” ujar Roza Mardiah

Roza Mardiah menambahkan.Bagi masyarakat yang merasa pernah berobat atau memafaatkan layanan puskesmas sejak rabu 5 agustus 2020 untuk segera melapor kepada pihak kesehatan yang terdekat. Hal ini dilakukan guna mengetahui dengan siapa saja masyarakat kontak saat berada di puskesmas Lima Kaum 1.dan juga bisa melalui telepon ke 085274752700 atas nama Isharianto.081266590263 atas nama Ns.Ola Anas,S,Kep dan 08126726368 atas nama Sisca Yenti Humas Pemkab Tanah Datar.

Untuk Penanganan terhadap pasien terkonfermasi Covid -19 sebanyak 9 orang itu pihaknya melakukan isolasi mandiri sementara dirumah masing-masing dan untuk pencegahan penyebaran Dinas Kesehatan Tanah Datar melakukan tracing kepada orang yang pernah kontak  dengan pasien yang dinyatakan positif Covid – 19 yang hari ini Senin 20 Agustus 2020 dilaksanakan di Rumah Sakit Ali Hanafiah Batusangkar,Puskesmas Pagaqruyung,Puskesmas II Sungai Tarab dan Puskesmas Gurun.

“Kita meminta kepada masyarakat Tanah Datar untuk tetap tenang  dan selalu melaksanakan protokol kesehatan dengan memakai masker,jaga jarak ,sering cuci tangan dan hindari kerumanan dan keramaian bagi yang pernah kontak dengan pasien positif Covid -19 dan OTg yang terpapar untuk segera melapor guna di tracking” harap Roza Mardiah.** Jum

154 Total Dibaca 4 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*