721 Pejabat Payakumbuh Dilantik

Payakumbuh, Editor.– Plt. Walikota Payakumbuh, Priadi Syukur,  bakal melantik 721 orang pejabat dilingkungan Pemko Payakumbuh Rabu (28/12 ) di Aula SMK Negeri 2 Payakumbuh.

Pejabat yang bakal dilantik itu terdiri dari 31 pejabat setingkat eselon II, 115 pejabat setingkat eselon III dan 575 orang pekabat setingkat eselon IV,serta 5 orang pejabat fungsional ( Kepala Sekolah).

Pelantikan tersebut berdasarkan Perda Nomor 17 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah. Sesuai susunan organisasi perangkat daerah (OPD) yang baru, seluruh pejabat dilingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh dilantik kembali secara serentak, termasuk pejabat Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh, H. Benni Warlis.

Keterangan Plt. Walikota Payakumbuh, tak seorangpun pejabat Eselon II  di lingkungan Pemko Payakumbuh yang tidak kebagian tempat. Malahan, 4 pejabat eselon 3 mendapatkan promosi ke  Eselon II,  untuk mengisi jabatan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Kepala Dinas Pertanian, dan Kepala SatPol PP dan Pemadam Kebakaran.

Pejabat Eselon II  pada perangkat daerah yang digabung ataupun dipecah, juga tak akan  kehilangan jabatan. Pejabat dimaksud tetap mendapatkan jabatan di posisi Eselon II lainnya.  Seperti Dinas Pertanian (gabungan  Dinas Tanaman Pangan Kehutanan dan Perkebunan dengan Dinas Perikanan Peternakan) serta Dinas PU yang dipisah menjadi dua dinas, masing-masing Dinas PU dan Penataan Ruang dan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman.

Sementara itu, akibat perubahan OPD baru, tiga kantor naik kelas menjadi dinas setingkat eselon II. Yaitu Kantor Ketahanan Pangan menjadi Dinas Ketahanan Pangan, Kantor Arsip dan Perpustakaan menjadi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan serta Kantor Lingkungan Hidup menjadi Dinas Lingkungan Hidup.

Terhadap  jabatan Eselon III yang  hilang sebanyak satu jabatan, (dulu tersedia 116 jabatan), pejabat  yang berada diposisi eselon III sekarang ini, dipastikan tidak akan kehilangan jabatan. Karena, di antara pejabat Eselon III tersebut, akan memasuki masa pensiun pada bulan Maret-April mendatang. Kemudian, 4 pejabat Eselon III lainnya, dipromosikan ke jabatan Eselon II.

Menurut walikota, perubahan OPD di Payakumbuh, tidak berdampak besar terhadap pejabat yang kehilangan jabatan. Kecuali, jabatan eselon IV yang berkurang sebanyak 89 jabatan, akibat perubahan OPD. Tapi, sebagian besar dari 89 pejabat itu, akan memasuki masa pensiun. Malahan,  pada semester I/2017, tercatat  109 pejabat eselon IV yang akan memasuki usia pensiun, tegas walikota didampingi Sekdako H. Benni Warlis,  Asisten I  Yoherman dan Asisten III H. Iqbal Bermawi.

Plt. Walikota, Priadi Syukur, berharap, pelantikan yang bertepatan dengan momen tahun baru ini, akan menjadi semangat baru bagi seluruh pegawai di lingkungan Pemko Payakumbuh untuk melaksanakan kinerja yang lebih baik di 2017. Pemko nantinya juga akan mendata pegawai dilingkungan Pemko Payakumbuh yang bisa mengisi jabatan fungsional tertentu, sesuai dengan latar belakang pendidikan masing-masing,jelasnya. ** Yus

915 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*