6.206 KK Terima BLT Kemensos di Solsel Secara Online

Penyerahan Bansos di Solsel.
Penyerahan Bansos di Solsel.

Solok Selatan, Editor.-  Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Kementerian Sosial (Kemensos) RI dilakukan secara online di Solok Selatan (Solsel). Setiap penerima akan dikirim fotonya sambil memegang KTP asli untuk diupload langsung ke Kementerian terkait, hal ini dalam mencegah terjadinya kemungkinan dugaan penyimpangan bantuan bagi warga yang terdampak pandemi di Solsel.

“6.206 Kepala Keluarga (KK) yang menerima bantuan BLT Kemensos dilakukan secara online, foto dan data penerima langsung diupload ke situs Kemensos,” kata Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD) Solok Selatan, Zulkarnaini.

Dia menjelaskan, penyaluran BLT Kemensos ini baru untuk satu bulan April Rp600 ribu, tahap kedua diserahkan Rp1,2 juta untuk bulan Mei dan Juni di bulan Juni 2020. Penyaluran ini setelah dilakukan verifikasi data penerima BLT Provinsi, Kabupaten dan Nagari dengan data penerima Kemensos.

“Pendistribusiannya dilakukan secara online, untuk menghindari masyarakat berdesakan di pos saat pencairan dana. Pencairan perdana baru disalurkan untuk satu bulan April sebesar Rp600 ribu per KK. Pencairan dilakukan bertahap, tahap kedua di bulan Juni langsung dua bulan dengan jumlah yang diterima warga Rp1,2 juta. Sesuai ketentuan penyaluran tahap pertama ini untuk satu bulan Rp600 ribu, tahap kedua warga akan menerima BLT Kemensos Rp1,2 juta,” tuturnya.

Pendistribusian BLT Kemensos tersebut, angsung didampingi oleh Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan di pos setempat. Juga didampingi oleh Kepala Jorong setsmpat, agar dapat mengatur pola penyaluran untuk tidak berdesakan menerima BLT tersebut. Selain didampingi TKSK, juga melibatkan kepala jorong setempat.

Sementara, Kepala Bidang Sosial Dinsos PMD Solsel, Andry Gustova menambahkan, syarat pencairan bagi penerima BLT Kemensos akan mendapatkan surat panggilan atau denon dari pihak Pos setempat.

“Untuk pencairan, warga penerima wajib bawa KK dan KTP asli yang difoto copy satu rangkap,” terangnya.

Namun penyaluran BLT Kemensos ini, dibagi pernagari sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sebab apabila terlalu banyak antrian dan mereka akan bosan. Maka jalan pintas berdesakan pasti akan terjadi dalam masa perpanjangan Pembatasan Sosial Bersakala Besar (PSBB) di Solsel.

“Pendistribusian BLT Kemensos langsung online, penerima di foto dengan KTP asli untuk diupload ke situas Kementerian Sosial. Dengan aplikasi internet ini, sehingga dalam mengatasi kecurangan dilapangan dan bentuk transparan terhadap penyaluran bantuan pemerintah kepada masyarakat penerima. Pusat tak ingin gegabah dalam penyaluran, maka dilakukan dengan sistim onle,” terangnya. ** Natales Idra

171 Total Dibaca 5 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*