53 Alumni SMAN-1 Padang Panjang, Lolos SMNPTN di PTUN Favorite

Keramaian di stand kuliner SMAN-1
Keramaian di stand kuliner SMAN-1

Padang Panjang, Editor.- Sebanyak 53 orang alumni SMA Negeri-1 Padang Panjang 2019 diterima di sejumlah perguruan tinggi umum negeri (PTUN) favorite di tanah air lewat jalur SNMPTN. Diantaranya 5 orang di UI, 9 orang di UGM, 8 orang di  Unpad, 11 orang di ITB, dan 15 orang di Unand.

Keberhasilan itu terungkap dari keterangan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN-1 Padang Panjang, Bastian kepada Editor usai mendampingi tim bola kaki sekolahnya mengikuti kejuaraan Liga Pelajar 2019 Kota Padang Panjang di Lapangan Anas Karim kota tersebut, sore kemaren.      

Rincian PTUN yang menerima 53 alumni 2019  SMAN-1 Padang Panjang itu menurut Bastian, terdiri UI Jakarta 5 orang, ITB Bandung 11 orang, UGM Yogyakarta 9 orang, Unpad Bandung 8 orang, Unand 15 orang, Brawijaya Malang 1 orang, Undip Semarang 1 orang, Institut Tehnologi 10 November 2 orang dan UNP Padang 1 orang.

Di ITB Bandung ke-11 alumni 2019 itu diterima pada Fakultas Matematik 2 orang, Pertambangan (1), Teknik Mesin dan Dirgantara (2), Teknik Sipil dan Lingkungan (1), Teknik Tehnologi Industri (2), Teknik Sipil dan Lingkungan Ganesa (3), Teknik Elektro dan Informatika (2), dan Teknik Manajemen Bisnis (1).

ITB (Institut Tehnologi Bandung) selama ini jadi salah satu PTUN pilihan favorite  siswa SMAN-1 Padang Panjang dalam melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Tidak heran, sebagian peraih medali emas olimpiade nasional (OSN) dari SMAN-1 Padang Panjang

Diantara mereka itu, Ihsan Tria Pramanda, peraih emas biologi OSN 2004 dan 2005 serta perak IBO di China 2005, dan Habiburrahman (peraih emas kimia OSN 2006). Ihsan, tamat dari S1 biologi ITB terus program S2 di Amerika dengan beasiswa. Habib, dari S1 kimia ITB meneruskan kuliah ke Belanda (juga beasiswa).

Sedang yang 5 orang alumni 2019 yang diterima di Universitas Indonesia  yang berkampus di Depok itu, terdiri Ryan Dhanny  Wibisana di program studi (Prodi) Akutansi, Diva Aisya (Prodi Ilmu Administrasi Negara), Yunita (Ilmu Hukum), Rezkia Rahmadina (Ilmu Keperawatan), dan Faizah (Teknik Komputer).

Biasanya, sejak 2005 kemarin jumlah alumni SMAN-1 Padang Panjang yang diterima di UI berkisar 17-50 orang pertahun. Yang lebih banyak itu terjadi di sekitar 2008-2012, ketika penerimaan masuk UI lebih banyak diterima lewat jalur test tulis  SBMPTN belakangan. Sementara itu hasil perjuangan tim sepak bola siswa SMAN-1 Padang Panjang di Liga Pelajar Padang Panjang pada 2019 ini, berhasil lolos ke babak perdelapan final. Sukses itu, setelah SMAN-1 Padang Panjang menang 3-1 atas tim SMAN-1 Sumbar di Padang Panjang pada pertandingan di Lapangan Anas Karim, Sabtu (30/3). ** Ryan Jeyhan

1543 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*