Pemkab Solok Gelar Sosialisasi Tahapan Pemilu dan Launching Gerakan Nagari Sadar Memilih

Bupati Gusmal saat membuka Sosialisasi Tahapan Pemilu dan Launching Gerakan Nagari Sadar Memilih di Kab. Solok.
Bupati Gusmal saat membuka Sosialisasi Tahapan Pemilu dan Launching Gerakan Nagari Sadar Memilih di Kab. Solok.

Arosuka, Editor.- Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MM minta para wali nagari agar memiliki tekad yang sama dalam mensukseskan pelaksanaan pilkada, salah satunya dengan mengajak masyarakat ikut serta melakukan pemilihan.

“Kita akan melaksanakan pilkada dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sampaikan segala kendala yang ada dilapangan dalam persiapan pelaksanaan pilkada. Beri pemahamam kepada masyarakat tentang pentingnya pemberian hak suara saat pilkada sebab hal tersebut akan berkaitan dengan calon pemimpin daerah yang terpilih nanti,” kata Gusmal saat memberi sambutan pada Sosialisasi Tahapan Pemilihan Serentak dan Launching Gerakan Nagari Sadar Memilih, bertempat di Ruang Solok Nan Indah, Arosuka, Selasa (7/7).

 

Lebih lanjut dikatakan bupati, Wali nagari harus menyampaikan kepada setiap masyarakat yang sudah meiiliki hak pilih tentang tahapan pilkada serentak. Semua stakeholder harus saling beesinergi dan bekerjasama dalam menjamin keamanan pelaksanaan pilkada nanti, serta dapat menciptakan pemilu yang aman. Selain itu, masyarakat perlu juga mengawasi pelaksanaan kampanye oleh calon kepala daerah untuk menghindari adanya kecurangan-kecurangan dan agar tidak ada keberpihakan kepada salah satu calon oleh para ASN.

Jaga sikap netralitas terhadap para calon kepala daerah dan Wali nagari agar mampu mengawal, mengawasi dan mengedukasi masyarakat agar menjadi pemilih yang bijak dan pintar. Kepada camat dan wali nagari berpesan untuk bersama-sama mensukseskan pemilu dengan berbagai persiapan yang baik.

“Lakukan verifikasi data pemilih agar tidak ada masalah pemilih di hari pelaksanaan pemilu nanti dan tingkatkan partisipasi masyarakat akan menentukan kualitas keberhasilan pelaksanaan pemilu di daerah kita. KPU agar dapat menegur dan mengingatkan jika ada kesalahan dalam pelaksanaan tahapan pemilu maupun dalam masa kampanye,” pesan Gusmal.

Sementara itu Ketua KPU Sumbar menjelaskan, kegiatan ini bertujuan mensosialisasikan tahapan pemilu agar dipahami oleh masyarakat dan tidak ada keraguan bagi masyarakat. Pemilu akan berlangsung tanggal 9 Desember 2020 setelah mengalami penundaan akibat pandemi covid-19.

“Melalui sosialisasi ini kita juga berharap dapat meningkatkan antusias masyarakat dalam pelaksanaan pemilu nanti. Saat ini sedang berlagsung verifikasi faktual di lapangan. Untuk itu peran seluruh elemen terkait sangat dibutuhkan demi kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020,” katanya.

Hadir pada kegiatan tersebut Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM, Sekda Kab. Solok Aswirman, SE. MM, Forkopimda Kab. Solok, Kepala DPMN Kab. Solok Ferisnovel, Ketua KPU Prov. Sumbar Amnasmen, SH. Ketua KPU Kab. Solok Ir. Gadis M, M.Si, Ketua Bawaslu Kab. Solok dan Kepala Bank Nagari Cab. Solok Ir. Heri Wildani. ** Tiara/Hms

143 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*