45 Mahasiswa Unand KKN di Mentawai

Tua Pejat, Editor.- Sebanyak 45 mahasiswa Universitas Andalas (Unand) Padang dari berbagai disiplin ilmu melaksanakan Kuliah Kerja Nyata di Kab. Kepulauan Mentawai. Kegiatan mahasiswa tersebut akan berlangsung selama 35 hari dari tanggal 19 Juni sampai 25 Juli 2016.

Para mahasiswa tersebut diterima oleh Kepala Dinas Kesehatan Mentawai Lahmudin Siregar di aula kantor Dinas Kesehatan Km.4 Tua Pejat dan mahasiswa itu melakukan perkenalan dari masing masing personil dan jurusannya.

Lahmudin dalam arahannya kepada mahasiswa KKN Unand tersebut mengatakan, selama para mahasiswa melakukan KKN di Tua Pejat hendaknya ada yang ditinggalkan. Selama satu bulan melaksanakan KKN, upaya yang telah dilakukan mahasiswa ditengah masyarakat hendaknya bisa menghasilkan Peraturan Desa. Meskipun KKN dilaksanakan dalam bulan Ramadhan dan diwaktu lebaran, diharapkan tidak menjadi hambatan dalam mekakukannya.

Lebih lanjut dikatakan Lahmudin, meskipun pusat kegiatan KKN berada di Bukit Pamewa, akan tetapi tidak tertutup untuk melakukan keguatan di luar lokasi tersebut dengan kata lain bisa melakukan aktifitas di berbagai lokasi. Khusus mahasiswa dari bidang kesehatan diharapkan dapat melakukan kegiatan kesehatan dengan olahan 7 pesan Sikerei.

Dijelaskannya, akses sanitasi secara aktual di Bukit Pamewa baru 45%. Dia berharap dengan adanya mahasiswa KKN ini akan ada peningkatan dan dapat mempengaruhi masyarakat untuk berperilaku hidup sehat. Kepada  Mahasiswa yang melaksanakan KKN tidak boleh merokok.

Lahmudin juga berharap, dalam waktu satu bulan masa KKN itu mahasiswa Unand hendaknya ada desa binaan dan desa keluarga sehat. Hal-hal yang preventif dapat ditingkatkan dengan kehadiran mahasiswa KKN ini.

Pada pertemuan di aula Dinas Kesehatan itu juga berlansung tanya jawab berupa arahan dan petunjuk mengenai langkah- langkah yang akan dilajukan oleh para Mahasiswa yang berk KKN. Kegiatan mahasiswa yang KKN ini sesuai dengan fakultasnya apabila membutuhkan bimbingan dan arahan, nantinya akan diminta kepada SKPD terkait untuk membantu di lapangan. ** Daniwarti

 

1121 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
WhatsAppFacebookTwitterYahoo MailLineGoogle GmailEmailYahoo BookmarksShare

Komentar

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*