43 Pendamping Desa Kota Pariaman Ikuti Pembekalan

43 Pendamping Desa Kota Pariaman saat mengikuti pembekalan.
43 Pendamping Desa Kota Pariaman saat mengikuti pembekalan.

Pariaman, Editor.- Sebanyak 43 orang Pendamping Desa Berdikari (PDB) yang telah direkrut oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) diberikan pembekalan di Balaikota Pariaman, Kamis, 9/7.

Effendy Jamal Kepala DPMDes Kota Pariaman Effendi Jamal mengatakan kegiatan ini bertujuan dari memberikan orientasi dan pembekalan kepada PDB yang baru agar siap secara mental, pengetahuan, keterampilan, serta komitmen sebelum terjun ke lokasi pengentasan dalam pendampingan di desa nantinya.

“Sedangkan secara khusus tugas pokok dan fungsi dari PDB tersebut adalah, melakukan fasilitasi desa dalam tata kelola pemerintahan, pembinaan masyarakat dan lembaga masyarakat dalam rangka pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa, melakukan fasilitasi evaluasi pelaksanaan pembangunan desa dan melakukan fasilitasi pengawasan pembangunan desa,” ujarnya.

Efendi Jamal menambahkan PDB sebagai mitra desa harus fokus mewujudkan program satu desa satu pendamping, dengan fokus pendamping desa untuk pengembangan desa berdasarkan potensi desa yang dominan seperti, Desa Sentra UKM, Desa Digital, Desa Maritim, Desa Wisata, Desa Pertanian, Desa Unggulan Kerajinan, Desa Berprestasi Olahraga dan lain sebagainya.

“Jadi sekarang seperti yang diinginkan oleh walikota satu desa dengan satu pendamping sudah bisa kami wujudkan, dan mulai saat ini tidak ada lagi yang namanya pendamping dari kementerian desa, tapi semua sama namanya yaitu pendamping desa, yang meliputi pembinanaa potensi desa, pembangunan desa, pembinaan UMKM, dan lain-lain, sehingga nantinya akan bisa kita wujudkan Desa Mandiri Kota Pariaman,” jelas Effendy Jamal. ** Afridon/Ril

110 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*