40 Pemilik Industri Perumahan, Terima Bantuan Peralatan Dari Dinsos Tanah Datar

Wakil Bupati Zuldafri Darma menyerahkan peralatan usaha kepada pemilik Industri Rumahan.
Wakil Bupati Zuldafri Darma menyerahkan peralatan usaha kepada pemilik Industri Rumahan.

Batusangkar, Editor.- Dinas Sosial ,Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  Tanah Datar memberikan bantuan peralatan usaha kepada  40 orang ibu-ibu pemilik Industri Rumahan (IR) yang diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma Rabu (16/9) bertempat di ruangan kerja Kadis Dinsos.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati  Zuldafri mengatakan, bantuan yang diterima semoga  dapat dimanfaatkan sebaik mungkin guna  menunjang usaha untuk  perbaikan ekonomi keluarga dan ketahanan keluarga.

Pemerintah daerah memandang program bantuan ini bersifat strategis karena menyangkut ekonomi masyarakat, apalagi di tengah kondisi pandemi Covid-19.Adapun program ini tidak dilakukan  pemotongan anggaran seperti kegiatan lainnya. Untuk itu kita berharap dari tahun ke tahun hendaknya  jumlah penerima bantuan bertambah.

“Kita maklumi bersama, mengingat keterbatasan kemampuan keuangan daerah, tahun ini baru 40 orang yang bisa dibantu. Mudah-mudahan untuk tahun berikutnya akan meningkat dan juga akan kita berikan bantuan  permodalan,”Maka dari itu mari kita  syukuri bantuan yang sudah diterima ini  dengan terus berusaha sungguh-sungguh dan juga  tidak lupa berdoa kepada Yang Maha Kuasa,” ujar Zuldafri Darma

Sebelumnya Kadis Sosial Yuhardi didampingi Sekdis Dadan Hendarsyah menjelaskan, program ini pengembangan dari program pilot project Kemensos pada tahun 2016 yang lalu.adapun bantuan yang diberikan tidak hanya peralatan saja tetapi juga diberikan pelatihan.

Pada saat pilot project tahun 2016 dilaksanakan ada di tiga lokasi yaitu  di Nagari Sungai Tarab, Nagari Koto Tuo dan Jorong Luak Gadang Nagari Gurun Kecamatan Sungai Tarab, kemudian kita kembangkan ke seluruh nagari di Tanah Datar dengan tujuan untuk mengangkat taraf ekonomi masyarakat.

Adapun  untuk menentukan penerima bantuan ini , terlebih dahulu dilakukan survey kepada pelaku usaha rumahan khususnya ibu-ibu yang menjadi tulang punggung keluarga  atau yang  sangat membantu kepala keluarga.

Dalam survey tersebut kita  menanyakan apa  kebutuhan  yang paling diperlukan, jika usaha laundry dibantu mesin cuci, ada yang usaha penggorengan dibantu kompor gas, atau penjahit dibantu  mesin jahit. Dengan adanya bantuan yang diterima pagi hari ini kita  berharap sore harinya bisa langsung dimanfaatkan , dan bagi yang belum menerima kita masukkan ke dalam daftar tunggu, ungkap Yuhardi.** Jum

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*